PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS III MI AL- MA’ARIF GENDINGAN KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

EKY MAZRO’AH, 2817123049 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS III MI AL- MA’ARIF GENDINGAN KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas III MI Al-Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Eky Mazro’ah, NIM. 2817123049, yang dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati, S.Pd, M.M Kata kunci: Problem Based Learning, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA peserta didik kelas III MI Al-Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung. Hal tersebut disebabkan kurang aktifnya peserta didik dalam pembelajaran, kurangnya motivasi peserta didik untuk belajar, sehingga penguasaan materi oleh peserta didik menjadi rendah. Selain itu, pembelajaran yang berlangsung juga cenderung monoton, kurang menggunakan variasi dalam pembelajaran. Pembelajaran dengan model Problem Based Learning ini diharapkan dapat memotivasi peserta didik, menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih baik, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses penerapan model pembelajaran Problem Based Learning mata pelajaran IPA pada materi cuaca peserta didik kelas III MI Al – Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung ?, 2) Bagaimana peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA pada materi cuaca peserta didik kelas III MI Al – Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning ? Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran Problem Based Learning mata pelajaran IPA pada materi cuaca peserta didik kelas III MI Al – Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung, 2) Mendeskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA pada materi cuaca peserta didik kelas III MI Al – Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan adalah masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas untuk meningkatkan hasil belajar. Proses pelaksanaan penelitian tindakan kelas meliputi: 1) tahap perencanaan (plan), 2) tahap pelaksanaan (act), 3) tahap pengamatan (observe), dan 4) tahap refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan angket. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar IPA peserta didik kelas III MI Al-Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung. Adapun metode wawancara, observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan angket digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran IPA, keadaan guru dan peserta didik, respons peserta didik, serta data motivasi belajar peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA dapat membantu peserta didik memahami materi cuaca dan meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. 1) Langkah – langkah model pembelajaran Problem Based Learning terdiri dari: (a) mengorientasi peserta didik pada masalah, (b) mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, (c) membantu penyelidikan mandiri dan kelompok, (d) mengembangkan dan menyajikan hasil karya serta memamerkannya, (e) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. 2) Peningkatan motivasi belajar peserta didik mulai dari hasil angket peserta didik sebelum tindakan, sampai pada hasil angket setelah tindakan. Hal ini dapat diketahui dari skor rata – rata peserta didik Peningkatan hasil belajar peserta didik mulai pre test, post test I, dan post test II. Hal ini dapat diketahui dari rata – rata nilai peserta didik 66,03 (pre test), meningkat menjadi 74,43 (post test I), meningkat lagi menjadi 81,5 (post test II). Selain dilihat dari nilai rata – rata peserta didik, dapat dilihat pula dari presentase ketuntasan belajar peserta didik. Pada saat pre test presentasenya 44,18%, meningkat pada hasil post test I presentasenya 73,53%, kemudian meningkat lagi pada hasil post test II presentasenya 82,35%. Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas III MI Al-Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123049 EKY MAZRO’AH
Date Deposited: 22 Dec 2016 04:17
Last Modified: 22 Dec 2016 04:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4320

Actions (login required)

View Item View Item