Faridatul Khasanah, 1755144007 (2016) UPAYA GURU DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER (Studi Multi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tunggangri Kalidawir dan Sekolah Dasar Islam Qurrota A’yun Ngunut ). [ Thesis ]
|
Text
Cover abstrak dll.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 6.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (319kB) | Preview |
Abstract
Tesis dengan judul ”Upaya Guru dalam Pengembangan Pendidikan Karakter (Studi Multi Kasus di MIN Tunggangri Kalidawir dan SDI Qurrota A’yun Ngunut)” ditulis oleh Faridatul Khasanah ini dibimbing oleh Prof, Dr. H. Mujamil Qomar, M.Ag dan Dr. H. Teguh, M.Ag Kata Kunci: Upaya guru, Pengembangan Pendidikan Karakter Konteks penelitian dalam tesis ini berupa adanya krisis moral dan kepribadian yang menunjukkan betapa rendahnya karakter diri bangsa Indonesia. Sistem pendidikan yang ada sekarang ini terlalu berorientasi pada pengembangan otak kiri (kognitif) dan kurang memperhatikan pengembangan otak kanan (afektif, empati dan rasa). Dengan demikian, pendidikan yang sangat dibutuhkan saat ini adalah pendidikan yang dapat mengintegrasikan pendidikan karakter dengan pendidikan yang dapat mengoptimalkan perkembngan seluruh dimensi anak. Agama merupakan dasar utama dalam mendidik anak-anaknya melalui sarana-sarana pendidikan. Karena dengan menamkan nilai-nilai agama akan sangat membantu terbentuknya sikap dan kepribadian anak kelak pada usia dewasa. Pendidikan karakter dalam Islam harus dapat diwujudkan melalui kegiatan-kegiatan keagamaan yang natinya dapat mewujudkan pendidikan karakter. Guru mempunyai kedudukan khusus dalam langkah penananaman nilai-nlai ini untuk meciptakan generasi penerus yang berakhlak mulia, guru dipercaya mampu memberikan kontribusi pada masyarakat. Berdasarkan konteks penelitian dan observasi awal di lapangan, fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah upaya guru dalam mengembangkan pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan di MIN Tunggangri Kalidawir dan SDI Qurrota A’yun Ngunut. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: 1) Bagaimana bentuk-bentuk kegiatan keagamaan yang dirancang guru dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa di MIN Tunggangri Kalidawir dan SDI Qurrota A’yun Ngunut, 2) Bagaimana strategi guru dalam mengembangkan karakter siswa melalui kegiatan keagamaan di MIN Tunggangri Kalidawir dan SDI Qurrota A’yun Ngunut, 3) Bagaimana hasil pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan di MIN Tunggangri Kalidawir dan SDI Qurrota A’yun Ngunut Tujuan penelitian ini untuk mendriskipsikan: 1) Bentuk-bentuk kegiatan keagamaan yang dirancang guru dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa di MIN Tunggangri Kalidawir dan SDI Qurrota A’yun Ngunut, 2) Strategi guru dalam dalam mengembangkan karakter siswa melalui kegiatan keagamaan di MIN Tunggangri Kalidawir dan SDI Qurrota A’yun Ngunut, 3) Hasil pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan di MIN Tunggangri Kalidawir dan SDI Qurrota A’yun Ngunut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan teknik pemaparan informan temuan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Mengingat bahwa penelitian ini dilakukan lebih dari satu situs dengan xvi karakteristik beda (multi kasus), maka data yang terkumpul terlebih dahulu dianalisis secara individu, baru kemudian dilakukan analisis data lintas sistus. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Bentuk-bentuk kegiatan keagamaan yang dirancang guru dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa di MIN Tunggangri dan SDI Qurrota A’yun Ngunut meliputi kegiatan pembiasaan rutin maupun kegiatan pada hari tertentu yang meliputi; bermushafahah setiap datang dan pulang sekolah, pembiasaan doa-doa sebelum kegiatan, sholat Dhuha, sholat Dhuhur, yasin tahlil, Tahfidz, pondok Ramadhan, dan PHBI (2) Strategi guru dalam mengembangan karakter siswa melalui kegiatan keagamaan di MIN Tunggangri dan SDI Qurrota A’yun Ngunut yaitu dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, penanaman pengetahuan islami, pemberian hukuman/teguran dan reward dan kerjasama dengan orang tua/wali murid, (3) Hasil hasil pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan di MIN Tunggangri dan SDI Qurrota A’yun Ngunut telah berdampak positif bagi siswa. Melalui kegiatan keagamaan yang telah terprogamkan dan berbagai strategi yang dilakukan guru dengan bersama-sama dapat mengembangkan karakter positif bagi siswa. Anak didik telah disiplin datang tepat waktu, melaksanakan piket, sholat jamaah dengan tertib, setor hafalan dan sorogan setiap harinya, tanggung jawab dalam melaksanakan tugas piket, cinta lingkungan, peduli sosial, dan berusaha jujur serta mandiri.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | M.Pd.I 1755144007 Faridatul Khasanah |
Date Deposited: | 22 Dec 2016 06:53 |
Last Modified: | 22 Dec 2016 06:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4321 |
Actions (login required)
View Item |