PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS OPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS X DI SMKN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

SYAKYA ULFA, 12204193072 (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS OPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS X DI SMKN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (304kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul "Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Statistika kelas x di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung", ini ditulis oleh Syakya Ulfa, NIM 12204193072, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Program Study Tadris Matematika, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang di bimbing oleh Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci : Pembelajar matematika realistik, open ended, statistika Model pembelajaran sangat dibutuhkan dalam proses belajar mengajar di kelas. Dengan model pembelajaran yang tepat membantu guru dalam memfasilitasi proses belajar sehingga siswa dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. Selama ini, banyak siswa yang hanya di tuntut untuk menghafal rumus, tetapi kurang menguasai penetapan serta penyelesaian dari suatu masalah. Tidak sedikit dari siswa itu merasa kesulitan apabila disuguhkan suatu permasalahan sehingga hasil belajar tidak dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran matematika realistik berbasis open ended terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika kelas x di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung (2) untuk mengetahui berapa besar pengaruh pembelajaran matematika realistik berbasis open ended terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yakni eksperimen semu (quasi eksperimen). Desain penelitian yang digunakan adalah Non equivalent control group dengan post-test only. Pada desain penelitian ini peneliti memberikan perlakuan eksperimental kepada kelas eksperimen dan perlakuan biasa pada kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Purposive, sehingga didapatkan dua kelas yaitu kelas X TKJT 1 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJT 2 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data yang digunakan dengan post-test dan teknis analisis data yaitu dengan uji t-test dan uji formula effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh pembelajaran matematika realistik berbasis open ended terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika kelas x di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung dengan nilai sebesar 4.649 dan nilai Sig.(2-tailed) adalah 0,000 (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran matemarika realistik berbasis open ened terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika kelas x di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung sebesar 86% dan tergolong dalam kategori tinggi..

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > IQ
Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Matematika > Statistika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193072 SYAKYA ULFA
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:28
Last Modified: 15 Jan 2024 04:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43224

Actions (login required)

View Item View Item