PENGARUH MODEL INKUIRY BERBASIS PPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT DI SMP 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA

MADIKA IHSANUTTRUNNA PUTERA, 12204193129 (2024) PENGARUH MODEL INKUIRY BERBASIS PPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT DI SMP 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Inkuiri Berbasis PPT Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bilangan Bulat Di SMP 17 Agustus 1945 Surabaya” ini ditulis oleh Madika Ihsanuttrunna Putera, NIM. 12204193129, pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci : Pembelajaran, Model Inkuiri, dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya mutu pendidikan khususnya dalam pembelajaran matematika dan hal tersebut menyebabkan menurunnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu diupayakan pembelajaran yang dapat memberi peluang dan mendorong untuk melatih kemampuan siswa agar terus aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran matematika. Salah satunya dengan menggunakan model inkuiri. Dengan model pembelajaran tersebut diharapkan dapat mendukung Upaya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembealajaran matematika. Penelitian ini bertujuan: 1)Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi bilangan kelas VII SMP 17 Agustus 1945 Surabaya. 2)Untuk mengetahui bagaimana besar pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi bilangan kelas VII SMP 17 Agustus 1945 Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian adalah kuasi eksperimen. Peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII. Dua kelas yang digunakan yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model inkuiri yang berjumlah 30 siswa dan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji validasi, uji realibilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan jenis uji independent sample t-test dan uji lanjut menggunakan jenis uji Cohen’s. Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1)Hasil dari uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 2.267 dan t tabel (α= 0,05) = 1.672, sehingga t hitung > t tabel. Maka terdapat pengaruh model inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP 17 Agustus 1945 Surabaya pada materi bilangan bulat. 2)Hasil dari uji lanjut diperoleh nilai Cohen’s sebesar 0.18 yang berarti bahwa model pembelajaran inkuiri kepada siswa kelas VII SMP 17 Agustus 1945 Surabaya memiliki pengaruh yang tergolong rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Matematika > Pola Bilangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193129 MADIKA IHSANUTTRUNNA PUTERA
Date Deposited: 24 Jan 2024 05:31
Last Modified: 24 Jan 2024 05:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43237

Actions (login required)

View Item View Item