MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MA MA'ARIF PONGGOK BLITAR

ASNA FITRIATUS SOLIKHAH, 12207193040 (2023) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MA MA'ARIF PONGGOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (721kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MA MA‟ARIF Ponggok Blitar” ini ditulis oleh ASNA FITRIATUS SOLIKHAH, NIM. 12207193040, Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, meningkatkan kedisiplinan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena lembaga pendidikan yang berdiri untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Setiap lembaga pendidikan mempunyai peranan tersendiri untuk meningkatkan prestasi peserta didik dan membetuk sikap disiplin peserta didik. Sikap disiplin sejak dini penting untuk diterapkan dalam lembaga pendidikan. Disinilah kemudian manajemen kesiswaan menjadi bagian penting yang tak mungkin untuk dipisahkan dengan dunia pendidikan dalam meningkatkan kedisiplinan siswanya. Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) bagaimana perencanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa MA MA‟ARIF Ponggok Blitar?, 2) bagaimana pelaksanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MA MA‟ARIF Ponggok Blitar?, 3) bagaimana evaluasi kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MA MA‟ARIF Ponggok Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitiann ini adalah untuk menganalisis kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan oleh waka kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa MA MA‟ARIF Ponggok Blitar. Metode penelitian yang digunakan merupakan kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi pastisipan dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Sumber data penelitian ini meliputi, 1) person (orang) yaitu, (a) kepala sekolah, (b) waka kesiswaaan,(c) guru BK, (d) guru, dan (e) siswa. 2) paper (kertas/dokumen) yaitu, berupa dokumen foto-foto kegiatan manajemen kesiswaan. 3) place (tempat) yaitu, di MA MA‟ARIF Ponggok Blitar. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data menggunakan kriteria credibility (tingkat kepercayaan), dengan ketekunan pengamat, waktu pelaksaan observasi diperpanjang (1 bulan menjadi 2 bulan) dan triangulasi sumber. Kemudian hasil penelitian yang didapatkan adalah sebagai berikut: 1) perencanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa MA MA‟ARIF Ponggok Blitar ialah dengan rapat koordinasi bersama kepala madrasah, waka madrasah dan guru BK untuk membuat pedoman program kegiatan kesiswaan, dengan tujuan agar pelaksanaan kegiatan kesiswaan berjalan dengan efektif dan efisien, serta dalam perencanaannya melibatkan semua elemen sekolah. 2) pelaksanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan sesuai dengan program kegiatan kesiswaan yang telah direncanakan dalam rapat koordinasi yaitu Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), upacara bendera pada hari-hari besar, pengecekan atribut siswa sebelum masuk kelas dan sholat berjamaah, dengan kendala yang dihadapi ialah siswa yang sengaja melanggar aturan, untuk strateginya dalam meningkatkan kedisiplinan siswa yaitu bekerjasama dengan guru BK, wali kelas, orang tua siswa, 3) evaluasi kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dilakukan dengan teknik tertulis dan tidak tertulis. Teknik tertulis dilakukan setiap 1 bulan sekali, setiap wali kelas mengumpulkan catatan siswa kepada guru BK. Sedangkan teknik tidak tertulis yaitu dilakukan setiap hari, guru mengabsensi siswa setiap masuk kelas dan memberikan tindaklanjut berupa hukuman kepada siswa yang melanggar

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193040 ASNA FITRIATUS SOLIKHAH
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:23
Last Modified: 16 Jan 2024 03:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43238

Actions (login required)

View Item View Item