STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING DAN MENEMPEL DI TK AL-HIDAYAH CABEAN 1 KOTA BLITAR

NADILLA PUTRI EKA SAKTI, 12206193015 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING DAN MENEMPEL DI TK AL-HIDAYAH CABEAN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (916kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (803kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (672kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

Nadilla Putri Eka Sakti, NIM 12206193015, Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggunting Dan Menempel Di Tk Al-Hidayah Cabean 1 Kota Blitar” di bimbing oleh Dr.Septinaningrum.M.Pd Kata Kunci : Strategi Guru, Kemampuan Motorik Halus, Kegiatan Menggunting dan Menempel Penelitian skripsi ini di fokuskan dengan belum maksimalnya perkembangan kemampuan motorik halus anak. Karena pembelajaran motorik halus selama ini kurang menarik dan masih monoton. Dalam mengembangkan kemampuan motorik halus guru harus kreatif dan inovatif, oleh karena itu guru mencoba dengan menggunakan kegiatan menggunting dan menempel untuk variasi dalam pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah (1) bagaimana persiapan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting dan menempel di TK Al-Hidayah Cabean 1 Kota Blitar ? (2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting dan menempel di TK Al-Hidayah Cabean 1 Kota Blitar ? (3) bagaimana evaluasi pelaksanaan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting dan menempel di TK Al-Hidayah Cabean 1 Kota Blitar ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan kemampuan motorik halus anak dengan kegiatan menggunting dan menempel serta strategi guru yang digunakan dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas yang ada disekolah TK Al-Hidayah Cabean 1 Kota Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain wawancara, observasi dan dokumentasi serta teknik analisis data yang terdiri dari data reduction, data display, dan data conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini: (1) bagaimana persiapan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting dan menempel di TK Al-Hidayah Cabean 1 Kota Blitar (persiapan yamg pertama yaitu pembuatan rppm rpph, mempersiapkan media pembelajaran dan lembar kerja) (2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting dan menempel di TK Al-Hidayah Cabean 1 Kota Blitar (guru sudah melaksanakan sesuai dengan rpph yang telah di buat) (3) bagaimana evaluasi pelaksanaan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting dan menempel di TK Al-Hidayah Cabean 1 Kota Blitar ? (dengan adanya evaluasi pembelajaran guru menjadi tau bahwa ada anak yang sudah bisa dan ada anak yang masih tertinggal) Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dari informasi, bahwa perkembangan motorik halus anak dalam kegiatan menggunting dan menempel di TK Al-Hidayah Cabean 1 Kota Blitar berkembang dengan baik, Strategi yang dilakukan oleh guru di TK Al-Hidayah Cabean 1 Kota Blitar adalah strategi mempraktekkan langsung secara Bersama-sama, dan dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak dapat beberapa cara yang dilakukan guru seperti mempraktekkan langsung ketika menjelaskan agar anak dapat melihatnya secara langsung sebelum memulai kegiatan menggunting dan menempel.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193015 NADILLA PUTRI EKA SAKTI
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:25
Last Modified: 16 Jan 2024 04:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43269

Actions (login required)

View Item View Item