PROGAM DISTRIBUSI ZAKAT FITRAH DAN MAL DALAM MENDUKUNG SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) BAGI GOLONGAN PENERIMA ZAKAT PADA LEMBAGA ZAKAT (Studi Kasus di BAZNAS Tulungagung dan BAZNAS Trenggalek)

FAIZ IZZATI ZUHRIA, 12850821015 (2024) PROGAM DISTRIBUSI ZAKAT FITRAH DAN MAL DALAM MENDUKUNG SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) BAGI GOLONGAN PENERIMA ZAKAT PADA LEMBAGA ZAKAT (Studi Kasus di BAZNAS Tulungagung dan BAZNAS Trenggalek). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (764kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Progam Distribusi Zakat Fitrah dan Mal dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) bagi Golongan Penerima Zakat (Studi Kasus BAZNAS Tulungagung dan BAZNAS Trenggalek)” ditulis oleh Faiz Izzati Zuhria dengan Pembimbing Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag dan Dr. Binti Nur Asiyah, M.Si Kata Kunci : Distribusi, Zakat, SDGs Adanya permasalahan yang ada pada masyarakat seperti kemiskinan yang utama perlu memerlukan progam distribusi zakat yang dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut. Dibalik adanya permasalahan kemiskinan pasti ada permasalahan lain yang dialami oleh masyarakat Tulungagung dan Trenggalek. Peran BAZNAS sebagai Amil Zakat Nasional tentunya memiliki peran yang penting untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dalam tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs terutama di Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Trenggalek dapat menjadi dukungan untuk mengentaskan permasalahan yang ada. Fokus masalah penelitian ini adalah : (1) Bagaimana progam distribusi zakat fitrah dan zakat mal yang dilakukan oleh BAZNAS Kabupaten Tulungagung dan BAZNAS Kabupaten Trenggalek?, (2) Bagaimana capaian atas peran progam distribusi zakat dalam mendukung SDGs pada BAZNAS Kabupaten Tulungagung dan BAZNAS Kabupaten Trenggalek? Tujuan penelitian ini untuk (1) Mengidentifikasi progam distribusi zakat oleh BAZNAS Kabupaten Tulungagung dan BAZNAS Kabupaten Trenggalek, (2) Menganalisis capaian SDGs atas peran progam distribusi zakat BAZNAS Kabupaten Tulungagung dan BAZNAS Kabupaten Trenggalek. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa (1) Progam Distribusi zakat yang dilakukan BAZNAS Tulungagung dan BAZNAS Trenggalek menggunakan dua pola distribusi konsumtif dan produktif, (2) Capaian SDGs dalam peran progam distribusi zakat BAZNAS Tulungagung ada pada tujuh tujuan anti kelaparan, anti kemiskinan, kesejahteraan masyarakat, ekosistem laut, Pendidikan, lingkungan hidup , dan kesetaraan gender. Untuk BAZNAS Trenggalek memiliki lima tujuan (1) anti kelaparan, (2) anti kemiskinan, (3) Pendidikan terjamin, (4) kesehatan, (5) kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Sosial Ekonomi
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Agama > Zakat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12850821015 FAIZ IZZATI ZUHRIA
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:33
Last Modified: 17 Jan 2024 02:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43282

Actions (login required)

View Item View Item