PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN MINAT BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH

CHURIL FARI SHOLIHATUR ROHMAH, 12208193115 (2023) PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN MINAT BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Scientific Terhadap Sikap Ilmiah dan Minat Belajar Siswa Materi Sistem Peredaran Darah” ini ditulis oleh Churil Fari Sholihatur Rohmah, NIM. 12208193115 Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati, S.Pd, M.M. Kata Kunci: Pembelajaran Scientific, sikap ilmiah, minat belajar, sistem peredaran darah Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya sikap ilmiah siswa serta kurangnya minat belajar siswa pada materi sistem peredaran darah. Menunjukkan sikap ilmiah akan menjelaskan bahwa sikap ilmiah ini meliputi beberapa indikator diantaranya obyektif/jujur, tidak tergesa-gesa mengambil kesimpulan, terbuka, tidak mencampuradukan fakta dengan pendapat, bersikap hati-hati, sikap ingin menyelidiki atau keingintahuan (couriosity) yang tinggi dengan begini sikap ilmiah siswa yang nantinya muncul akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Selanjutnya memunculkan minat belajar yang tinggi supaya siswa mampu belajar dan berlatih dengan baik, sehingga siswa akan lebih mudah untuk dilatih berpikir secara kritis, kreatif, cermat dan logis yang menjadikan siswa dapat berprestasi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh model Pembelajaran Scientific terhadap sikap ilmiah siswa kelas VIII materi sistem peredaran darah di UPT SMPN 3 Srengat Blitar. (2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh model Pembelajaran Scientific terhadap minat belajar siswa kelas VIII materi sistem peredaran darah di UPT SMPN 3 Srengat Blitar. dan (3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh model Pembelajaran Scientific terhadap sikap ilmiah dan minat belajar siswa kelas VIII materi sistem peredaran darah di UPT SMPN 3 Srengat Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Experiment dengan bentuk desain penelitian Post-test Only Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-C SMPN 3 Srengat yang berjumlah 55 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara,instrument angket sikap ilmiah, minat belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji reliabilitas sebagai uji prasyarat sebelum dilakukannya uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t dan uji Manova. Berdasarkan hasil analisis uji-T data penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran Scientific Terhadap Sikap Ilmiah siswa kelas VIII materi sistem peredaran darah di UPT SMPN 3 Srengat Blitar. Yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,001 < 0,005. 2) terdapat pengaruh model pembelajaran Scientific Terhadap minat belajar siswa kelas VIII materi sistem peredaran darah di UPT SMPN 3 Srengat Blitar. Yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,000 < 0,005. Hasil analisis menggunakan uji Manova menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh model Pembelajaran Scientific Terhadap Sikap Ilmiah dan Minat Belajar siswa kelas VIII materi sistem peredaran darah di UPT SMPN 3 Srengat Blitar. Hasil Uji Manova dengan nilai Sig 0,001 < 0,005 sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran Scientific terhadap sikap ilmiah dan minat belajar pada kelas eksperimen.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208193115 CHURIL FARI SHOLIHATUR ROHMAH
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:32
Last Modified: 17 Jan 2024 07:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43300

Actions (login required)

View Item View Item