INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN ANAK (Studi Kasus di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Blitar)

LUTHFITA IHVALIN, 128506203015 (2022) INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN ANAK (Studi Kasus di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Blitar). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (235kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Internalisasi Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Perilaku Keagamaan Anak (Studi Kasus di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Blitar)”, ditulis oleh Luthfita Ihvalin, NIM. 128506203015, dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Akhyak, M. Ag. dan Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M. Ag. Kata kunci : Internalisasi Nilai Pendidikan Agama Islam, Perilaku Keagamaan Penelitian ini dilatar belakangi oleh terkikisnya nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dan adanya dekadensi atau kemorosotan akhlak dan perilaku keagamaan anak. Terutama anak yang sedang menjalani sanksi hukum di LPKA Kelas I Blitar. Hal ini terjadi salah satunya karena proses pendidikan yang mengalami ketimpangan, dimana internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam belum memadai. Untuk itu diperlukan internalisasi nilai Pendidikan Agama Islam sebagai perwujudan contoh nyata dalam pembentukan perilaku keagamaan. Fokus penelitian pada tesis ini adalah : (1) Bagaimana internalisasi nilai aqidah dalam membentuk perilaku keagamaan anak binaan di LPKA Kelas I Blitar? (2) Bagaimana internalisasi nilai syari’ah dalam membentuk perilaku keagamaan anak binaan di LPKA Kelas I Blitar? (3) Bagaimana internalisasi nilai akhlak dalam membentuk perilaku keagamaan anak binaan di LPKA Kelas I Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan yaitu: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsaan data yang digunakan yaitu: memperpanjang waktu kehadiran, ketekunan atau keajegan pengamatan, dan triagulasi. Hasil penelitian ini meliputi: (1) Internalisasi nilai aqidah dalam membentuk perilaku keagamaan anak binaan di LPKA Kelas I Blitar adalah dengan: pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah belajar, memasukkan materi rukun iman pada setiap pembelajaran PAI, doa dan dzikir bersama pada kegiatan PHBI, (2) Internalisasi nilai syari’ah dalam membentuk perilaku keagamaan anak binaan di LPKA Kelas I Blitar adalah dengan: sholat wajib berjama’ah, adanya program tahsin dan pembelajaran al-Qur’an, pembelajaran tata cara sholat jenazah, (3) Internalisasi nilai akhlak dalam membentuk perilaku keagamaan anak binaan di LPKA Kelas I Blitar adalah dengan: membiasakan anak binaan berkata baik dan sopan, kultum pembinaan akhlak, memberi teladan dan menceritakan kisah-kisah teladan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 128506203015 Luthfita Ihvalin
Date Deposited: 17 Jan 2024 08:00
Last Modified: 17 Jan 2024 08:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43308

Actions (login required)

View Item View Item