PENGELOLAAN ZAKAT COMMUNITY DEVELOPMENT (ZCD) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MUSTAHIK (STUDI PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL TULUNGAGUNG DAN GRESIK JAWA TIMUR)

AISYAH SABRINA ASTIGIANTO, 12850821003 (2024) PENGELOLAAN ZAKAT COMMUNITY DEVELOPMENT (ZCD) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MUSTAHIK (STUDI PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL TULUNGAGUNG DAN GRESIK JAWA TIMUR). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (706kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)

Abstract

Tesis yang berjudul “Pengelolaan Zakat Community Development (ZCD) Dalam meningkatkan Kesejahteraan Mustahik (Studi Pada Badan Amil Zakat Nasional Tulungagung dan Gresik Jawa Timur)” ini ditulis oleh Aisyah Sabrina Astigianto, NIM. 12850821003, dosen pembimbing I Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag., dan dosen pembimbing II Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini dilatar belakangi oleh potensi penerimaan zakat di Indonesia yang mencapai 4,37 triliun rupiah dengan perolehan terbesar pada regional jawa timur dengan potensi 547,4 milyar. Salah satu langkah yang dapat ditempuh dalam pendistribusian zakat tepat sasaran dan dapat merubah kehidupan mustahik adalah dengan salah satu program gagasan Baznas yaitu Zakat Community Development atau biasa disebut dengan ZCD. Dalam melaksanakan distribusi dan pendayagunaan zakat, Baznas Tulungagung dan Gresik melaksanakan program ZCD dengan sasaran mustahik dan bertujuan untuk mengentaskan status mustahik dan juga memandirikan mereka melalui pemberdayaan yang tujuannya agar mustahik dapat berubah status menjadi muzakki. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah: 1) Apa saja bentuk - bentuk program ZCD pada Baznas Tulungagung dan Gresik ?. 2) Bagaimana pengelolaan ZCD pada Baznas Tulungagung dan Gresik ?. 3) Bagaimana dampak pengelolaan ZCD bagi kesejahteraan mustahik pada Baznas Tulungagung dan Gresik ?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan mengenai bentuk – bentuk ZCD pada Baznas Tulungagung dan Gresik. 2) Untuk mendeskripsikan mengenai pengelolaan ZCD pada Baznas Tulungagung dan Gresik. 3) Untuk mendeskripsikan mengenai dampak pengelolaan ZCD bagi kesejahteraan mustahik pada Baznas Tulungagung dan Gresik. Tesis ini menggunakan penelitian yang bersifat kualitatif dengan metode penelitian deskriptif yang digambarkan dengan kata-kata narasi dan lisan. Data-data yang diperoleh berasal dari hasil olahan observasi, studi dokumentasi serta wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian yang diperoleh adalah : 1) Pada Baznas Tulungagung, bentuk yang digunakan dalam program ZCD adalah ternak kambing dan ternak ikan (gurame dan patin). Melihat banyaknya rentenir yang merajalela, Baznas Gresik memilih bentuk pembiayaan micro finance dalam program ZCDnya. 2) Fungsi pengelolaan Baznas Tulungagung dan Gresik telah memenuhi unsur – unsur yang ditetapkan dalam Planning, Organizing, Actuating dan controlling. 3) Program ZCD dirasa sudah tepat dalam memenuhi fungsinya dalam membantu distribusi zakat dari muzakki kepada mustahik. Dampak pemeliharaan lima jaminan dasar menurut Al-Ghazali yang meliputi keyakinan agama, keselamatan jiwa, keselamatan akal, keselamatan keluarga dan keturunan, keselamatan jiwa sudah terpenuhi dengan adanya pengelolaan program ZCD pada Baznas Tulungagung dan Gresik. Kata Kunci: ZCD, Baznas, Mustahik, Pengelolaan, Kesejahteraan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Sosial Ekonomi
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Agama > Zakat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12850821003 AISYAH SABRINA ASTIGIANTO
Date Deposited: 18 Jan 2024 01:02
Last Modified: 18 Jan 2024 01:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43311

Actions (login required)

View Item View Item