EFITA ZULFIA, 12201183050 (2024) IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QURAN DI RTQ AL FALAH DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Yanbu’a dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Quran di RTQ Al Falah Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Efita Zulfia, NIM 12201183050, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing: Suwanto, M.Si Kata Kunci : Implementasi, Metode Yanbu’a, Kemampuan Membaca Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi peserta didik dalam membaca Al Quran seiring dengan kemajuan teknologi yang berdampak pada rendahnya kemampuan membaca Al Quran pada anak-anak dan remaja muslim di Indonesia. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu adanya upaya yang maksimal dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Quran khususnya dalam penerapan metode yang lebih memadai. Metode membaca Al Quran yang diterapkan di RTQ Al Falah Durenan Trenggalek yaitu Metode Yanbu’a. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Quran di RTQ Al Falah Durenan Trenggalek?, (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Quran di RTQ Al Falah Durenan Trenggalek?, (3) Bagaimana implikasi metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Quran di RTQ Al Falah Durenan Trenggalek?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode Yanbu’a, faktor pendukung dan penghambat metode Yanbu’a, dan implikasi metode yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Quran di RTQ Al Falah Durenan Trenggalek. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatn penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pelaksanaan metode Yanbu’a diawali dengan salam serta pembacaan doa yang dibimbing oleh ustadz ataupun ustadzah. Dalam pelaksanaannya diterapkan tiga sistem pembelajaran yang terdiri dari sistem sorogan atau individual, sistem klasikalan, dan sistem tadarus. Pembelajaran tidak hanya penyampaian materi jilid, namun juga materi hafalan yang berisi doa-doa dan surat-surat pendek. Pengevalusian hafalan dilaksanakan dengan menyesuaikan hasil prestasi santri saja, namun untuk pengevaluasian pembelajaran jilid ditambah dengan tes secara random ketika seluruh halaman dalam satu jilid sudah khatam, serta dilaksanakannya evaluasi akbar dengan menampilkan hasil belajar santri dalam sebuah pentas pada pelaksanaan peringatan maulid nabi. (2) Faktor pendukung implementasi metode Yanbu’a diantaranya yaitu semangat yang muncul dari diri santri sangatlah kuat serta besarnya dukungan yang diberikan oleh orangtua santri, sedangkan faktor penghambat implementasi metode Yanbu’a di RTQ Al Falah diantaranya yaitu kurangnya tempat yang memadai, kurangnya jumlah guru pengajar, kurangnya kedisiplinan beberapa santri, serta kurangnya tingkat kefokusan santri dikarenakan terlalu kelelahan dengan padatnya jadwal kegiatan santri diluar RTQ. (3) Implikasi metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Quran di RTQ Al Falah Durenan Trenggalek diantaranya santri secara bertahap mampu membaca Al Quran sesuai dengan ilmu tajwid yang benar, santri memiliki karakter tanggungjawab, santri memiliki karakter sabar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam Peradilan Islam Pendidikan Islam > Pondok pesantren |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183050 EFITA ZULFIA |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 04:15 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 04:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43320 |
Actions (login required)
View Item |