ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTsN 8 BLITAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENETAHUAN ALAM MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA

NANIN NURFAIZA, 12211193013 (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTsN 8 BLITAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENETAHUAN ALAM MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (445kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII MTsN 8 Blitar Terhadap Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana” ini ditulis oleh Nanin Nurfaiza, NIM 12211193013, Program Studi Tadris Fisika, Jurusan Keguruan, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU Tulungagung), dibimbing oleh Dr. Desyana olenka Margaretta, M.Si. Kata kunci : Kesulitan Belajar, Tahapan Polya, Usaha dan Pesawat Sederhana Berhasilnya suatu pembelajaran bisa dilihat dari cara guru berinteraksi dengan siswa dapat terjadi timbal balik dan saling mempengaruhi antar keduanya. Latar belakang dalam penelitian ini diakibatkan oleh perlunya keberhasilan pendidikan dengan tercapainya mutu dan juga tujuan pendidikan. Adapun hal ini dapat dicapai dengan berdasarkan tingginya dan juga tercapainya setiap kompetensi mata pelajaran siswa dengan nilai hasil belajar siswa sebagai acuannya. Semakin majunya zaman pastinya semakin banyak pula mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa, hal ini pastinya memberikan tantangan kepada guru untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan cara dan metode yang bermacam-macam pula. Diharapkan dengan banyaknya variasi dalam pembelajaran ini dapat memberikan hasil belajar siswa yang terbaik dan memuaskan tentunya. Akan tetapi pada kenyataannya tidak sedikit juga siswa yang mengalami kesulitan dalam memecahkan permasalahan soal dalam mata pelajaran yang bersifat matematis di dalamnya khususnya pada mata pelajaran IPA dengan materi Fisika pada materi usaha dan pesawat sederhana. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana kesulitan belajar yang dialami siswa kelas VIII dalam mempelajari materi Usaha dan pesawat sederhana siswa kelas VIII MTsN 8 Blitar ditinjiau berdasarkan tahapan Polya ? 2) Bagaimana faktor penyebab kesulitan siswa dalam mempelajari materi usaha dan pesawat sederhana siswa kelas VIII di MTsN 8 Blitar ? 3) Bagaimana upaya pendidik mengatasi kesulitan siswa kelas VIII dalam mempelajari materi usaha dan pesawat sederhana pada siswa kelas VIII di MTsN 8 Blitar ? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kesulitan, faktor penyebab dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan siswa kelas VIII dalam mempelajari materi usaha dan pesawat sederhana berdasarkan tahapan Polya di MTsN 8 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara trianggulasi. Analisis data yang digunakan data ialah Design Miles and Huberman yang dimana aktifitas analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus-menerus hingga data terkumpul penuh. Langkah–langkah dalam analisis data menggunakan Koleksi Data, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Kesimpulan : Penggambaran/Verifikasi Data. Hasil penelitian di MTsN 8 Blitar diantaranya: (1) jenis kesulitan memecahkan masalah siswa adalah kurang memahami konsep soal, kesulitan dalam menentukan rumus dalam mengerjakan soal, kesulitan dalam mengerjakan jawaban yang berkelanjutan untuk menemukan hasil akhir dari soal, sering lalai dengan tidak memeriksa kembali hasil akhir. (2) faktor yang menjadi penyebab kesulitan siswa ada dua yaitu faktor internal dan aktor eksternal. Adapun faktor internal antara lain minat, kecerdasan/kepintaran, kepercayaan diri, kondisi fisik. Sedangkan faktor eksternal adalah penyebab kesulitan siswa dalam memecahkan masalah dari luar diri siswa diantaranya bahan belajar terbatas, kondisi sarana dan prasarana kurang memadai, metode ajar dari guru kurang menarik minat/motivasi siswa. (3) Upaya yang dilakukan guru antara lain memberikan motivasi, menjelaskan materi dengan demonstrasi, eksperimen, guru mengajak siswa belajar berkelompok, memberikan pekerjaan rumah, membahas pekerjaan rumah bersama, dan guru menguasai materi sehingga dapat menyampaikan materi dengan bahasa yang mudah dipahami siswa. Guru juga menggunakan/menerapkan metode pembelajaran yang lebih bervariasi dengan “melibatkan siswa aktif didalamnya”, menambah buku pelajaran atau bahan ajar pendukung pembelajaran, memberikan apresiasi atau reward kepada siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193013 NANIN NURFAIZA
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:53
Last Modified: 19 Jan 2024 03:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43322

Actions (login required)

View Item View Item