PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS XI MAN 4 JOMBANG PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR

DEVITA NICHMATUL LEILA, 12204193218 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS XI MAN 4 JOMBANG PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (390kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching terhadap kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas XI MAN 4 Jombang pada Materi Turunan Fungsi Aljabar” ditulis oleh Devita Nichmatul Leila, NIM. 12204193218, pembimbing Nadya Alvi Rahma, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching, Kecerdasan Logis Matematis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kecerdasan logis matematis siswa dalam proses pembelajaran matematika. Kecerdasan logis matematis merupakan kemampuan seseorang dalam mengukur, menyelesaikan hal-hal yang bersifat sistematis, menghitung, serta menyelesaikan masalah. Pada umumnya guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dalam proses pembelajaran, dimana pembelajaran hanya berpusat pada guru sehingga siswa menjadi pasif. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang tepat dan berpusat pada siswa sehingga siswa akan menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan memotivasi siswa untuk berperan aktif serta berinteraksi dengan siswalainnya dalam pembelajaran, sehingga kecerdasan logis matematis siswa juga akan meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching terhadap kecerdasan logis matematis siswa dan 2) mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching terhadap kecerdasan logis matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain penelitian non-equivalent posttest-only control group design. Variabel pada penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching dan kecerdasan logis matematis. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 200 siswa. Sampel yang digunakan penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa dan kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni independent sample T-test dan uji Cohen's. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching terhadap kecerdasan logis matematis siswa kelas XI MAN 4 Jombang pada materi turunan fungsi aljabar dengan nilai signifikansi0,00<0,05 dan (2) besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching terhadap kecerdasan logis matematis siswa kelas XI MAN 4 Jombang pada materi turunan fungsi aljabar adalah2,87 interpretasi =97% termasuk kategori tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193218 DEVITA NICHMATUL LEILA
Date Deposited: 19 Jan 2024 06:48
Last Modified: 19 Jan 2024 06:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43328

Actions (login required)

View Item View Item