PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATERI PROGRAM LINIER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X SMKN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG

DWI AGUSTIN IRMAWATI, 128512203011 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATERI PROGRAM LINIER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X SMKN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (739kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB) | Preview

Abstract

Terdapat beberapa penyebab rendahnya prestasi siswa dalam pelajaran matematika, diantaranya masalah komunikasi matematis siswa. Komunikasi merupakan kemampuan untuk menyampaikan gagasan matematika secara lisan, tulisan, kemampuan menggunakan simbol untuk memodelkan permasalahan matematika. Salah satu metode untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah dengan menggunakan media dalam proses pembelajaran diantaranya dengan menggunakan media android. Dengan adanya media android siswa lebih bisa fokus dan lebih aktif dalam pembelajaran, karena kegiatan pembelajaran tidak hanya berfokus pada guru, tetapi lebih kepada student centered. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran berbasis android materi program linier untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa kelas X SMKN 1 Rejotangan yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan model ADDIE. Metode pengumpulan data dengan menggunakan lembar validasi media, lembar observasi aktifitas siswa dan guru, angket, wawancara dan tes untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa.. Subjek uji coba adalah siswa kelas X AKL 2. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran berbasis android dinyatakan valid berdasarkan validasi dari ahli materi dengan rata-rata 3.36% sedangkan dari ahli media memperoleh rata-rata 3.44%. Media pembelajaran dinyatakan praktis berdasarkan hasil observasi aktifitas guru dan siswa pada proses pembelajaran serta mendapatkan respon positif dari siswa. Hasil observasi aktifitas guru dengan prosentase rata-rata 86,7% dan aktifitas siswa dengan prosentase 85,2%. Sedangkan dari hasil angket siswa diperoleh rata-rata sebesar 88,1 %. Media dinyatakan efektif berdasarkan hasil tes akhir kemampuan komunikasi matematis siswa, yaitu ketuntasan klasikal di kelas X AKL 2 sebesar 89,1%. Berdasarkan hasil uji t test menggunakan SPSS menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media android mempunyai perbedaan hasil belajar yang signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu sebesar 0.00 > 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media berbasis android mempunyai pengaruh yang signifikan dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan media android.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika > Linear
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 128512203011 DWI AGUSTIN IRMAWATI
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:50
Last Modified: 19 Jan 2024 04:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43339

Actions (login required)

View Item View Item