AULIA NUR AFIFAH, 12210183066 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS XI MA SUNAN KALIJOGO MOJO KEDIRI TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (372kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (329kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini memiliki sebuah tujuan mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI MA Sunan Kalijogo Mojo Kediri Tahun Ajaran 2021/2022. Berdasarkan tujuan tersebut, penelitian ini memiliki batasan penelitian, peneliti berupaya membatasi penelitian serta pembahasan, peneliti membatasi masalah pada pengaruh model Problem Based Learning terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI di MA Sunan Kalijogo Mojo Kediri Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistic dengan tujuan menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Berdasarkan penelitian ini, hasil dari analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa keterampilan Menulis Teks Prosedur tanpa Menggunakan Model Problem Based Learning yaitu kelompok kelas kontrol yang tidak memperoleh perlakuan menggunakan model problem based learning diperoleh nilai posttest rata-rata 61,77 dengan keseluruhan siswa sebanyak 30 siswa. Keterampilan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Model Problem Based Learning yaitu nilai rata-rata yang diperoleh kelompok eksperimen (XI MIPA 2) yaitu nilai rata-rata 69,7 dengan keseluruhan siswa sebanyak 30 siswa. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur yaitu model Problem Based Learning xi berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks prosedur pada siswa XI MA Sunan Kalijogo Mojo Kediri. Berdasarkan hasil perhitungan nilai t-hitung sebesar -15,27 dengan signifikansi sebesar 0,0000 Nilai signifikansi yang menunjukkan 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks prosedur pada siswa. Kata kunci : Teks Prosedur, Model Problem Based Learning, Keterampilan Menulis
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Bahasa Dan Sastra > Literasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210183066 AULIA NUR AFIFAH |
Date Deposited: | 19 Jan 2024 04:58 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 04:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43344 |
Actions (login required)
View Item |