PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS XI MA SUNAN KALIJOGO MOJO KEDIRI TAHUN AJARAN 2021/2022

AULIA NUR AFIFAH, 12210183066 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS XI MA SUNAN KALIJOGO MOJO KEDIRI TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki sebuah tujuan mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI MA Sunan Kalijogo Mojo Kediri Tahun Ajaran 2021/2022. Berdasarkan tujuan tersebut, penelitian ini memiliki batasan penelitian, peneliti berupaya membatasi penelitian serta pembahasan, peneliti membatasi masalah pada pengaruh model Problem Based Learning terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI di MA Sunan Kalijogo Mojo Kediri Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistic dengan tujuan menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Berdasarkan penelitian ini, hasil dari analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa keterampilan Menulis Teks Prosedur tanpa Menggunakan Model Problem Based Learning yaitu kelompok kelas kontrol yang tidak memperoleh perlakuan menggunakan model problem based learning diperoleh nilai posttest rata-rata 61,77 dengan keseluruhan siswa sebanyak 30 siswa. Keterampilan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Model Problem Based Learning yaitu nilai rata-rata yang diperoleh kelompok eksperimen (XI MIPA 2) yaitu nilai rata-rata 69,7 dengan keseluruhan siswa sebanyak 30 siswa. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur yaitu model Problem Based Learning xi berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks prosedur pada siswa XI MA Sunan Kalijogo Mojo Kediri. Berdasarkan hasil perhitungan nilai t-hitung sebesar -15,27 dengan signifikansi sebesar 0,0000 Nilai signifikansi yang menunjukkan 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks prosedur pada siswa. Kata kunci : Teks Prosedur, Model Problem Based Learning, Keterampilan Menulis

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210183066 AULIA NUR AFIFAH
Date Deposited: 19 Jan 2024 04:58
Last Modified: 19 Jan 2024 04:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43344

Actions (login required)

View Item View Item