MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MTsN 2 MOJOKERTO

NAZILATU ROCHMAH, 12207193046 (2023) MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MTsN 2 MOJOKERTO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (541kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (610kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MTsN 2 Mojokerto” ini ditulis oleh Nazilatu Rochmah, NIM 12207193046, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah,M.Pd.I. Kata Kunci: Manajemen Kelas, Mutu Pembelajaran Penelitian ini membahas mengenai manajemen kelas dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Belajar adalah proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu peserta didik. Belajar dapat di pandang sebagai proses yang diarahkan kepada tujuan dan proses berbuat melalui pengalaman. Belajar juga merupakan proses melihat, mengamati, mengkomunikasikan, dan memahami sesuatu. Proses pembelajaran yang baik dapat meningkatkan mutu belajar siswa. Meningkatkan mutu pembelajaran diperlukan adanya manajemen kelas yang bagus, Manajemen kelas ini sangat penting untuk menciptakan kondisi kelas yang kondusif dan mampu menciptakan motivasi siswa dalam pembelajaran guna meningkatkan mutu pembelajaran. manajemen kelas ditekankan pada bagaimana seorang guru mengatur dan mendukung para siswa dalam mengembangkan kepribadiannya untuk menjadi lebih baik. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan manajemen kelas dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTsN 2 Mojokerto? (2)Bagaimana pelaksanaan manajemen kelas dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTsN 2 Mojokerto? (3)Bagaimana evaluasi manajemen kelas dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTsN 2 Mojokerto? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber data yaitu kepala madrasah, waka kurikulum, wali kelas, dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dengan langkah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan manajemen kelas dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTsN 2 Mojokerto dilakukan dengan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang nantinya dunakan sebagai pedoman dalam mengajar dan juga dalam memiliki metode dan media yang akan digunakan. (2)Pelaksanaan manajemen kelas dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTsN 2 Mojokerto dilakukan dengan menciptakan situasi dan kondisi kelas yang baik sebagai lingkungan belajar maupun sebagai kelompok belajar, yang memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin. (3) Evaluasi manajemen kelas dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MTsN 2 Mojokerto dilakukan dengan evaluasi fasilitas yang ada dan proses pembelajaran oleh kepala madrsaah. Evaluasi pembelajaran didalam kelas dilakukan oleh guru dengan melakukan penilaian pengetahuan, keterampilan, dan sikap memalui penilaian harian atau penilaian semester.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193046 NAZILATU ROCHMAH
Date Deposited: 23 Jan 2024 04:06
Last Modified: 23 Jan 2024 04:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43354

Actions (login required)

View Item View Item