ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA PADA SISWA KELAS XI DI MAN 2 BLITAR

MAY HAYATIN NUR AZIZAH, 12211193055 (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA PADA SISWA KELAS XI DI MAN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (608kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan Judul “Analisis Kesulitan Belajar Pada Materi Gelombang Cahaya Pada Siswa Kelas XI Di MAN 2 Blitar” ditulis oleh May Hayatin Nur Azizah, NIM. 12211193055, pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, S.Si., M.Si. Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Gelombang Cahaya Konteks penelitian dalam penelitian ini adalah guru yang merasa siswa-siswanya mengalami kesulitan saat melakukan proses belajar fisika pada materi gelombang cahaya. Guru menganggap materi gelombang cahaya merupakan materi fisika yang harus dipahami oleh siswa. Guru menganggap materi gelombang cahaya merupakan materi yang sulit dipahami siswa dikarenakan beberapa hal yaitu siswa menganggap terlalu banyak rumus yang harus dipelajari. Maka dari itu, guru harus menggunakan strategi untuk mengatasi kesulitan belajar fisika pada siswa pada materi gelombang cahaya. Dalam hal ini peneliti menghubungkan antara kesulitan belajar siswa tingkat tinngi, tingkat sedang dan tingkat rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan tingkat kesulitan belajar siswa tingkat rendah pada materi gelombang cahaya pada siswa kelas XI di MAN 2 Blitar. (2) Untuk mendiskripsikan tingkat kesulitan belajar siswa tingkat sedang pada materi gelombang cahaya pada siswa kelas XI di MAN 2 Blitar. (3) Untuk mendiskripsikan tingkat kesulitan belajar siswa tingkat tinngi pada materi gelombang cahaya pada siswa kelas XI di MAN 2 Blitar. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan tes, wawancara, dan dokumentasi. Tes dilakukan untuk mengambil 6 siswa yang akan dilakukan wawancara dengan mengambil 2 siswa nilai tinggi, 2 siswa nilai sedang, dan 2 siswa nilai rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran fisika di kelas XI MIA 2 dan MIA 3 di MAN 2 Blitar telah dilaksanakan dengan cukup baik meskipun masih banyak yang perlu ditingkatkan, guru melakukan pembelajaran dengan tidak memberikan gambaran untuk memperkuat penjelasan, guru menjelaskan materi secara singkat dan kurang dipahami, dan guru menerapkan kurikulum K13. Dalam penelitian ini, tingkat kesulitan belajar siswa masih lumyan tinggi. Faktor kesulitan belajar siswa pada materi gelombang cahaya pada siswa kelas XI MIA 2 dan MIA 3 di MAN 2 Blitar adalah motivasi belajar siswa kurang, minat belajar siswa rendah, dan intelegensi. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas XI MIA 2 dan MIA 3 di MAN 2 Blitar dengan melakukan demonstrasi dan melakukan pendekatan secara personal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193055 MAY HAYATIN NUR AZIZAH
Date Deposited: 23 Jan 2024 03:46
Last Modified: 23 Jan 2024 03:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43363

Actions (login required)

View Item View Item