PENGARUH SOROGAN AL-QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ILMA KHITHBISSALVIA, 12201193048 (2024) PENGARUH SOROGAN AL-QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (923kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (648kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (645kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Sorogan Al-Qur’an terhadap Kemampuan Membaca dan Hasil Belajar Al-Qur’an Peserta Didik Kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Ilma Khithbissal via, NIM. 12201193048, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Ikfi Khoulita, M.Pd.I Kata Kunci: Sorogan Al-Qur’an, Kemampuan Membaca, Hasil belajar Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan pemahaman antar peserta didik dengan yang lainnya mengenai pembelajaran agama, khususnya dalam hal membaca Al-Qur’an. Dimana membaca Al-Qur’an yang baik hendaknya disertai pemahaman mengenai tajwid dan makhrajnya agar dapat melafalkan bacaan Al-Qur’an dengan baik dan benar. Suatu pembelajaran erat kaitannya dengan hasil belajar, karena dari hasil belajar seorang guru mengetahui kemampuan yang diperoleh setiap peserta didik. Seperti yang diketahui peneliti, bahwa terdapat penggunaan metode sorogan yang diterapkan di MTs Darul Falah, apakah sorogan Al-Qur’an tersebut berpengaruh terhadap kemampuan membaca dan hasil belajar pada peserta didik tepatnya pada kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Apakah ada pengaruh sorogan Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung?. 2) Apakah ada pengaruh sorogan Al-Qur’an terhadap hasil belajar Al-Qur’an peserta didik kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung?. 3) Apakah ada pengaruh Sorogan Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca dan hasil belajar Al-Qur’an peserta didik kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung?. Pendekatan penelitian yang digunakan pada karya ilmiah ini adalah kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian korelasional. Variabel bebasnya adalah sorogan Al-Qur’an (X) dan variabel terikatnya adalah kemampuan membaca (

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193048 ILMA KHITHBISSALVIA
Date Deposited: 23 Jan 2024 04:01
Last Modified: 23 Jan 2024 04:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43373

Actions (login required)

View Item View Item