YAYI FILDA SARI, 12204193143 (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATEMATIKA BERINTEGRASIKAN NILAI-NILAI KE- ISLAMAN PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII DI SMPN 2 NGANTRU. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (283kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (177kB) | Preview |
Abstract
Sari, Yayi Filda. 2023. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Berintegrasikan Nilai-Nilai Ke-Islaman Pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII Di SMPN 2 Ngantru. Skripsi ditulis oleh Yayi Filda Sari, NIM. 12204193143, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, nilai-nilai ke-Islaman, Teorema Pythagoras Pada dasarnya pembelajaran matematika merupakan salah satu pembelajaran yang tidak hanya melatih seseorang untuk pandai berhitung. Namun dalam pembelajaran matematika juga mampu membentuk logika berfikir dengan menggunakan akal dan nalar. Akan tetapi sifat dari matematika yaitu abstrak dan tidak nyata karena tediri dari simbol-simbol. Maka, tidaak sedikit siswa yang menganggap mata pelajaran matematika adalah mata pelajaran yang sulit. Dalam penelitian ini peneliti mengembangkan sebuah bahan ajar berupa LKPD yang berintegrasikan nilai-nilai ke-Islaman. Pengembangan LKPD Berintegrasikan Nilai-Nilai Ke-Islaman ini merupakan salah satu bentuk pengaplikasian K13 sesuai dengan kompetensi inti yang nomor satu yaitu sikap spiritual dimana menyatakan bahwa peserta didik harus menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut. Diharapkan dengan adanya bahan ajar yang berintegrasikan nilai-nilai ke-Islaman, siswa akan mendapatkan pemahaman yang seimbang antara pengetahuan umum dan pengetahuan ke-Islaman. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menyusun produk LKPD Matematika Berintegrasikan Nilai-Nilai Ke-Islaman pada Materi Teorema Pythagoras. (2) Untuk mengetahui kualitas LKPD Matematika Berintegrasikan Nilai-Nilai Ke-Islaman pada Materi Teorema Pythagoras. Hasil penelitian ini disesuaikan dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Proses pengembangan LKPD Berintegrasikan Nilai-Nilai Ke-Islaman menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu; analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. LKPD divalidasi oleh 3 validator dan diuji cobakan kepada siswa kelas VIII SMPN 2 Ngantru. 2) kualitas LKPD matematika berintegrasikan nilai-nilai keislaman dinilai berdasarkan kriteriaa BSNP, yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh validator dengan rata-rata keseluruhan 96% termasuk valid. Uji kepraktisan didasarkan hasil angket respon peserta didik dengan persen rata-rata 81,7%, yang termasuk praktis. Hasil angket respon guru terhadap LKPD matematika berintegrasikan nilai-nilai ke-Islaman, didapatkan persen rata-rata 80%, termasuk praktis. Uji keefektifan didasarkan hasil ketuntasan siswa dengan mengerjakan soal post test menunjukkan nilai presentase 83,3%. Dari hasil ketiga aspek tersebut maka LKPD dinyatakan layak untuk dipergunakan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193143 YAYI FILDA SARI |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 08:20 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 08:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43389 |
Actions (login required)
View Item |