STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTsN 1 TRENGGALEK

A. FAID AS`AD ARIFIN, 12201173017 (2024) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTsN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di MTsN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh A. Faid As’ad Arifin, NIM. 12201173017, dosen pembimbing Dr. Anissatul Mufarokah, S.Ag, M.Pd. Kata kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar, Akidah Akhlak Siswa memiliki latar belakang dan karakter yang berbeda-beda, sehingga pencapaian siswa dalam memahami pelajaran akidah akhlak juga berbeda. Pembelajaran akidah akhlak merupakan ilmu yang sangat penting dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, oleh karena itu guru harus mempunyai strategi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran akidah akhlak. Motivasi adalah aspek yang sangat penting untuk meningkatkan belajar siswa. Siswa tidak mungkin memiliki kemauan belajar tanpa adanya motivasi yang diberikan. Oleh karena itu dalam membangkitkan motivasi belajar merupakan salah satu tugas guru dalam setiap proses pembelajaran. Guru diharapkan mempunyai beberapa strategi pembelajaran yang bisa menggugah siswa untuk belajar yang nyaman dan menyenangkan. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal dan terarah agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, maka diperlukannya seorang guru dalam memilih dan menerapkan strategi, metode maupun media pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsik siswa di MTsN 1 Trenggalek? (2) Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik siswa di MTsN 1 Trenggalek? (3) Bagaimana faktor yang menghambat guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN 1 Trenggalek? (4) Bagaimana faktor yang mendukung guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN 1 Trenggalek? Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa baik intrinsik maupun ekstrinsik serta mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN 1 Trenggalek.Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti hadir di lokasi MTsN 1 Trrenggalek dan mengumpulkan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti menganalisis dengan teknik analisis data deskriptif dari Miles dan Huberman dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan teknik uji kredibilitas triangulasi sumber dan triangulasi teknik, memperpanjang pengamatan, ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini: (1) Strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar intriksik siswa di MTsN 1 Trenggalek yaitu dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran yang dapat menunjang keberhasilan siswa seperti metode ceramah, metode diskusi, metode kelompok, metode tanya jawab, metode praktik, memberikan pengarahan dan penguatan kepada siswa, dan adanya kegiatan sholat dhuha, mengaji bersama dan sholat dhuhur berjama’ah setiap harinya. (2) Strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik siswa di MTsN 1 Trenggalek adalah dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai, memberikan pujian, memberikan hadiah, memberikan nilai dan memberikan hasil kepada siswa. (3) Faktor penghambat strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTsN 1 Trenggalek yaitu keluarga (broken home, orang tua yang tidak mendukung,), kondisi siswa itu sendiri (kondisi fisik, kondisi psikologis, ramai sendiri), lingkungan (lingkungan kelas yang kosong sehingga menjadi ramai, lingkungan yang kurang nyaman), teman (teman yang ramai sendiri, kurang semangat). (4) Faktor pendukung strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi siswa di MTsN 1 Trenggalek yaitu dari guru sendiri (guru yang kreatif dan inovatif), siswa itu sendiri (siswa yang stabil, aktif, memiliki minat belajar dan memiliki semangat), sarana dan prasarana yang memadai (sarana sarana buku materi pelajaran yang memadai, LCD, komputer, meja, papan, kursi. Prasarana seperti ruangan belajar yang nyaman, masjid, perpustakaan).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173017 A. FAID AS`AD ARIFIN
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:42
Last Modified: 24 Jan 2024 03:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43432

Actions (login required)

View Item View Item