TANWIRIL MUZDALIFAH. A, 12209183097 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI MATERI LETAK DAN LUAS INDONESIA SISWA KELAS VII DI MTsN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (834kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (592kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (341kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (795kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (425kB) |
Abstract
Tanwiril Muzdalifah. A. 122209183097. Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Materi Letak dan Luas Indonesia Kelas VII di MTsN 1 Kota Blitar. Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Hendra Pratama, M.Pd. Kata Kunci : Animasi, Pembelajaran, dan Pengembangan Media pendidikan merupakan sarana untuk menyampaikan pesan atau informasi untuk tujuan pendidikan atau informasi. Guna memotivasi peserta didik pada belajar, maka guru juga harus mampu mendesign pembelajarannya dengan sedemikian rupa. Salah satunya Media pembelajaran animasi pada materi letak dan luas Indonesia. Sekolah tingkat menengah pertama MTsN 1 Kota Blitar sudah banyak dilakukan penelitian mengenai media pembelajaran namun belum ada publikasi mengenai penelitian media pembelajaran animasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran animasi yang sesuai dengan materi letak dan luas Indonesia kelas VII (2) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran animasi materi letak dan luas Indonesia kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development Dengan model pengembangan ADDIE meliputi Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Hasil penelitian didapatkan (1) Tingkat kelayakan media pembelajaran animasi setelah di validasi oleh validator yakni : ahli media sebesar: 90,7%, sedangkan ahli materi sebesar: 86,3%. (2) Respon media pembelajaran animasi yang diperoleh dari peserta didik hasilnya sebesar 88%. Dengan begitu dinyatakan “sangat layak” sehingga respon peserta didik pada media pembelajaran animasi dapat menarik perhatian dan minat belajar peserta didik meningkat, penggunaan bahasa yang lebih sederhana dan mudah dipahami
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209183097 TANWIRIL MUZDALIFAH A |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 06:47 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 06:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43435 |
Actions (login required)
View Item |