ANALISIS SELF EFFICACY PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 6 DI SMA NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG

GETAH NINDY SUWANGI, 12204193155 (2024) ANALISIS SELF EFFICACY PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 6 DI SMA NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Self Efficacy Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar Ditinjau Dari Gaya Kognitif Peserta Didik Kelas XI MIPA 6 Di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung”. Ditulis oleh Getah Nindy Suwangi, NIM. 12204193155, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Matematika, Pembimbing Dr. Musrikah, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Self Efficacy, Materi Turunan Fungsi Aljabar, Gaya Kognitif Self efficacy penting dikembangkan karena mempengaruhi bagaimana peserta didik berpikir, merasa, memotivasi diri, dan bertindak. Self efficacy adalah keyakinan seorang individu mengenai kemampuannya dalam mengorganisasi dan menyelesaikan suatu tugas yang diperlukan untuk mencapai hasil tertentu. Karakteristik peserta didik berpengaruh besar terhadap self efficacy. Oleh karena itu self efficacy harus dikembangkan dalam diri peserta didik agar proses pembelajaran terjadi secara optimal. Dalam hal ini self efficacy akan dihubungkan dengan gaya kognitif peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan self efficacy yang ditinjau dari gaya kognitif field independent peserta didik kelas XI MIPA 6 di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung, (2) Untuk mendiskripsikan self efficacy yang ditinjau dari gaya kognitif field dependent peserta didik kelas XI MIPA 6 di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung dengan mengambil subjek peserta didik kelas XI MIPA 6 sejumlah 4 subjek, yaitu 2 subjek dengan gaya kognitif field independent dan 2 subjek dengan gaya kognitif field dependent. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes GEFT, tes soal materi turunan fungsi aljabar, dan wawancara. Analisis data melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peserta didik dengan gaya kognitif field independent cenderung memiliki self efficacy yang kuat sehingga lebih mampu bertahan menghadapi masalah matematika, mudah memecahkan masalah matematika, mampu mengevaluasi dan mengembangkan argumen matematis yang benar serta teliti dalam memeriksa kembali penyelesaian dan menuliskan hasil akhir serta kesimpulan secara keseluruhan dengan baik, (2) Peserta didik dengan gaya kognitif field dependent cenderung memiliki self efficacy yang rendah sehingga rentan mudah menyerah menghadapi masalah matematika, merasa kurang yakin (ragu-ragu) dengan kemampuannya, tidak berusaha mencari pemecahan masalahnya sendiri dengan memahami permasalahan dengan cermat sehingga lebih memilih untuk meminta bantuan orang lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Pendidikan > Gaya Belajar
Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193155 GETAH NINDY SUWANGI
Date Deposited: 24 Jan 2024 05:33
Last Modified: 24 Jan 2024 05:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43440

Actions (login required)

View Item View Item