GETAH NINDY SUWANGI, 12204193155 (2024) ANALISIS SELF EFFICACY PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 6 DI SMA NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (255kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Self Efficacy Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar Ditinjau Dari Gaya Kognitif Peserta Didik Kelas XI MIPA 6 Di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung”. Ditulis oleh Getah Nindy Suwangi, NIM. 12204193155, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Tadris Matematika, Pembimbing Dr. Musrikah, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Self Efficacy, Materi Turunan Fungsi Aljabar, Gaya Kognitif Self efficacy penting dikembangkan karena mempengaruhi bagaimana peserta didik berpikir, merasa, memotivasi diri, dan bertindak. Self efficacy adalah keyakinan seorang individu mengenai kemampuannya dalam mengorganisasi dan menyelesaikan suatu tugas yang diperlukan untuk mencapai hasil tertentu. Karakteristik peserta didik berpengaruh besar terhadap self efficacy. Oleh karena itu self efficacy harus dikembangkan dalam diri peserta didik agar proses pembelajaran terjadi secara optimal. Dalam hal ini self efficacy akan dihubungkan dengan gaya kognitif peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan self efficacy yang ditinjau dari gaya kognitif field independent peserta didik kelas XI MIPA 6 di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung, (2) Untuk mendiskripsikan self efficacy yang ditinjau dari gaya kognitif field dependent peserta didik kelas XI MIPA 6 di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung dengan mengambil subjek peserta didik kelas XI MIPA 6 sejumlah 4 subjek, yaitu 2 subjek dengan gaya kognitif field independent dan 2 subjek dengan gaya kognitif field dependent. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes GEFT, tes soal materi turunan fungsi aljabar, dan wawancara. Analisis data melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peserta didik dengan gaya kognitif field independent cenderung memiliki self efficacy yang kuat sehingga lebih mampu bertahan menghadapi masalah matematika, mudah memecahkan masalah matematika, mampu mengevaluasi dan mengembangkan argumen matematis yang benar serta teliti dalam memeriksa kembali penyelesaian dan menuliskan hasil akhir serta kesimpulan secara keseluruhan dengan baik, (2) Peserta didik dengan gaya kognitif field dependent cenderung memiliki self efficacy yang rendah sehingga rentan mudah menyerah menghadapi masalah matematika, merasa kurang yakin (ragu-ragu) dengan kemampuannya, tidak berusaha mencari pemecahan masalahnya sendiri dengan memahami permasalahan dengan cermat sehingga lebih memilih untuk meminta bantuan orang lain.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aljabar Pendidikan > Gaya Belajar Matematika Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193155 GETAH NINDY SUWANGI |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 05:33 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 05:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43440 |
Actions (login required)
View Item |