تعليم قواعد اللغة العربية لترقية مهارة الق راء ة في الدرسة الثانوية الحكومية العاشرة بنجارساري جومبانج

MOCHAMMAD CHASBI NAFI’IN, 12202183124 (2024) تعليم قواعد اللغة العربية لترقية مهارة الق راء ة في الدرسة الثانوية الحكومية العاشرة بنجارساري جومبانج. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengajaran Tata Bahasa Arab untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca di Sekolah Menengah Negeri X Banjarsari Jombang” ditulis oleh Mochammad Chasbi Nafi’in, NIM. 12202183124, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dibimbing oleh: Prof. Dr. Sokip, M.Pd. Kata kunci: pengajaran tata bahasa, keterampilan membaca. Pengajaran bahasa Arab memiliki unsur-unsur dasar yang tidak boleh ditinggalkan oleh pelajar. Unsur-unsur tersebut meliputi adalah suara, kosa kata dan gramatika atau tata bahasa dari bahasa Arab. Tata bahasa Arab memiliki tempat penting dalam pengajaran bahasa Arab dan lebih diminati di antara jenis elemen lainnya. Siswa diharapkan mampu mempelajari aturan bahasa Arab. Membaca merupakan salah satu keterampilan utama yang dibutuhkan dalam pendidikan bahasa. Ketrampilan membaca memerlukan pemahaman kaidah, oleh karena itu dikatakan bahwa ketrampilan membaca buku dalam bahasa Arab muncul setelah memahami kaidah, bukan membaca terlebih dahulu. Jadi pahami aturannya maka kalian akan menemukan bacaannya dengan baik. Siswa yang belajar bahasa Arab di MA Negeri 10 Jombang juga harus mampu membaca dengan baik dan benar. Namun pada kenyataannya masih ada beberapa siswa yang melakukan kesalahan dalam membaca (menggunakan tata bahasa), dan ini merupakan bukti bahwa pengajaran tata bahasa merupakan suatu hal yang sulit yang perlu mendapat perhatian lebih. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah metode pengajaran tata bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan membaca di MA Negeri 10 Banjarsari Jombang? 2) Apa masalah dan solusi yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam mempelajari tata bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan membaca di MA Negeri 10 Banjarsari Jombang? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui metode pengajaran tata bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan membaca di MA Negeri 10 Banjarsari Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian pembelajaran tata bahasa arab tercapai, guru menggunakan metode ceramah, guru menjelaskan pembelajaran dan siswa mendengarkannya, sehingga siswa merasa bosan dan tidak semangat dalam mempelajari tata bahasa arab. Oleh karena itu, guru dapat menggunakan metode baru untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa, dan dapat memfasilitasi siswa untuk membaca buku atau teks dan meningkatkan aktivitas siswa dalam pengajaran tata bahasa Arab. Di antara masalah yang saya temukan ada banyak kesalahan dalam struktur kalimat dan dalam penggunaan aturan tata bahasa yang masih salah. Di antara kesalahan yang dilakukan siswa dalam menggunakan م‌ aturan tata bahasa ketika mereka membaca buku atau teks yaitu kesalahan dalam menggunakan kata kerja yang tidak sesuai dengan subjeknya, seperti: (Muhammad sedang membaca pelajaran) dan yang benar adalah (Muhammad sedang membaca pelajaran) Contoh lainnya adalah (saya memukul Muhammad), dan yang benar adalah (Saya memukul Muhammad). Hasil dari penerapan Pembelajaran Kaidah Bahasa Arab untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Bahasa Arab Siswa MA Negeri 10 Banjarsari Jombang terbukti telah meningkatkan dalam kemampuan membaca mulai dari penguasaan kosa kata, kefashihan, terbiasa menggunakan bahasa arab, keberanian mengungkapkan pendapat, bercerita menggunakan bahasa arab.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 12202183124 MOCHAMMAD CHASBI NAFI'IN
Date Deposited: 19 Feb 2024 02:31
Last Modified: 19 Feb 2024 02:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43489

Actions (login required)

View Item View Item