PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD ISLAM MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

YENI NUR KOLIFAH, 17205163265 (2024) PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD ISLAM MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kedisiplinan Siswa terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung”.Ini ditulis oleh Yeni Nur Kolifah, NIM. 17205163265, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Kedisiplinan, Minat Siswa, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pada era pendidikan sekarang kedisiplinan yang dimiliki siswa sangat rendah. Banyak siswa yang belum memahami manfaat dari kedisiplinan yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Keberhasilan sifat disiplin tidak lepas dari peran orang tua, guru, dan lingkungan sekitar. Guru saat ini harus menanamkan sikap disipin kepada siswa karena disiplin merupakan bagian dari pendidikan karakter, sehingga dengan disiplin yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari mampu meningkatkan minat siswa dalam belajar dan mendapatkan hasil belajar yang diinginkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh kedisiplinan siswa terhadap minat belajar siswa di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung?. 2) Adakah pengaruh kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung?. 3) Adakah pengaruh kedisiplinan siswa terhadap minat dan hasil belajar siswa di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan peneltian ini adalah: 1) Untuk Mengetahui pengaruh kedisiplinan siswa terhadap minat belajar siswa di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. 2) Untuk Mengetahui pengaruh kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. 3) Untuk Mengetahui pengaruh kedisiplinan siswa terhadap minat dan hasil belajar siswa di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian korelasional (hubungan). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket/kuesioner. Untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa dengan menggunakan rata-rata nilai semester siswa. Pengolahan data menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji regresi sederhana dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh kedisiplinan siswa terhadap minat siswa di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana diperoleh rhitung=0,716 dan taraf signifikasin pada tabel Sig(2-tailed) adalah 0,000. Karena rhitung>rtabel atau 0,716> 0,244 dan Sig(2-tailed)sebesar 0,000<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan siswa terhadap minat belajar siswa kelas IV di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. 2) ada pengaruh kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana diperoleh rhitung= 0,380 dan taraf signifikasin pada tabel Sig(2-tailed) adalah 0,002. Karena rhitung> rtabel atau 0,380>0,244 dan Sig(2-tailed)sebesar 0,002<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. 3) ada pengaruh kedisiplinan siswa terhadap minat dan hasil belajar siswa di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Berdasarkan hasil uji manova diperoleh signifikansi 0,026<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan siswa terhadap minat dan belajar siswa kelas IV di SD Islam Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163265 YENI NUR KOLIFAH
Date Deposited: 30 Jan 2024 01:59
Last Modified: 30 Jan 2024 01:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43514

Actions (login required)

View Item View Item