STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DALAM MENINGKATKAN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) (Studi Multi Situs di SMK NU Tulungagung dan SMK Al Badar Tulungagung)

Darni, 1756144014 (2016) STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DALAM MENINGKATKAN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) (Studi Multi Situs di SMK NU Tulungagung dan SMK Al Badar Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (692kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Darni, NIM: 1756144014. “Strategi Pembentukan Karakter Siswa dalam Meningkatkan Emotional Spiritual Quotient (ESQ)” (Studi Multi Situs di SMK NU Tulungagung dan SMK Al Badar Tulungagung). Pembimbing: Dr. H. Abd Aziz, M.Pd.I dan Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag. Kata kunci: pembentukan karakter, emotional spiritual quotient (ESQ) Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi adanya degradasi moral yang terjadi di kalangan generasi Indonesia menimbulkan keresahan yang tidak berkesudahan di mana-mana, cobalah kita lihat berita-berita moral sadis di televisi.Hadirnya beberapa kasus yang tidak mencerminkan karakter Indonesia yang tidak bermartabat sering terjadi lihat kasus yang tidak bermoral.Gejala ini muncul disebabkan oleh rapuh atau lemahnya karakter bangsa. Atas dasar inilah pendidikan perlu direkonstruksi ulang agar dapat menghasilkan lulusan yang lebih berkualitas dan siap menghadapi dunia masa depan yang penuh dengan problem dan tantangan serta dapat menghasilkan lulusan yang memiliki karakter mulia, yaitu memiliki kepandaian sekaligus kecerdasan, memiliki kreativitas tinggi sekaligus sopan santun dalam berkomunikasi, serta memiliki kejujuran dan kedisiplinan sekaligus memiliki tanggung jawab yang tinggi. Berdasarkan latar belakang di atas, pertanyaan penelitian dalam tesis ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana strategi pembentukan dimensi fisik siswa dalam meningkatkan emotional spiritual quotient (ESQ) di SMK NU Tulungagung dan SMK Al Badar Tulungagung, (2) Bagaimana strategi pembentukan dimensi mental siswa dalam meningkatkan emotional spiritual quotient (ESQ) di SMK NU Tulungagung dan SMK Al Badar Tulungagung, (3) Bagaimana strategi pembentukan dimensi spiritual siswa dalam meningkatkan emotional spiritual quotient (ESQ) di SMK NU Tulungagung dan SMK Al Badar Tulungagung. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi pembentukan dimensi fisik siswa dalam meningkatkan emotional spiritual quotient (ESQ) di SMK NU Tulungagung dan SMK Al Badar Tulungagung, (2) Untuk mendeskripsikan strategi pembentukan dimensi mental siswa dalam meningkatkan emotional spiritual quotient (ESQ) di SMK NU Tulungagung dan SMK Al Badar Tulungagung, (3) Untuk mendeskripsikan strategi pembentukan dimensi spiritual siswa dalam meningkatkan emotional spiritual quotient (ESQ) di SMK NU Tulungagung dan SMK Al Badar Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan multi situs di SMK NU Tulungagung dan SMK Al Badar Tulungagung.Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi.Analisis data dilakukan dalam dua tahap, yaitu analisis situs tunggal dan analisis lintas situs. Analisis lintas situs dimaksudkan sebagai proses membandingkan temuan-temuan yang diperoleh dari masing-masing situs sekaligus sebagai proses memadukan temuan antar situs Dari hasil penelitian yang diperoleh di lapangan, penulis menyimpulkan bahwa, (1) Strategi pembentukan dimensi fisik siswa dalam meningkatkan emotional spiritual quotient (ESQ) di SMK NU Tulungagung dan SMK Al Badar Tulungagung adalah melalui penerapan (a) Mengucapkan salam serta berjabat tangan, (b) Menerapkan sikap disiplin terhadap siswa. (c) Mencintai ilmu, dengan memberi pemahaman tentang pentingnya ilmu pengetahuan melalui menghidupkan perpustakaan. (d) Membiasakan siswa untuk menaati peraturan yang berlaku di sekolah. (e) Membiasakan siswa untuk bersikap ramah terhadap orang lain. (f) Membiasakan siswa agar selalu hidup sehat. (g) Menerapkan sopan santun terhadap siswa. (2) Strategi pembentukan dimensi mental siswa dalam meningkatkan emotional spiritual quotient (ESQ) di SMK NU Tulungagung dan SMK Al Badar Tulungagung adalah kedua sekolah tersebut sama-sama menerapkan (a) Menumbuhkan sikap peduli dengan lingkungan sekitar terhadap siswa,(b) Membangun rasa tanggung jawab terhadap siswa, (c) melatih mental percaya diri, (d) Menumbuhkan semangat siswa dalam belajar, (e) Menumbuhkan sifat jujur terhadap siswa, (f) Menumbuhkan sikap menghargai proses pembelajaran terhadap siswa yang tidak hanya fokus terhadap hasil, (g) Membangun sifat amanah terhadap siswa. (3) Strategi pembentukan dimensi spiritual siswa dalam meningkatkan emotional spiritual quotient (ESQ) di SMK NU Tulungagung dan SMK Al Badar Tulungagung adalah kedua sekolah tersebut sama-sama menerapkan (a) Mendidik siswa agar rajin melaksanakan sholat lima waktu secara berjamaah, (b) Melaksanakan puasa di bulan Ramadhan dengan ikhlas, (c) Menumbuhkan semangat siswa rajin membaca Al-Qur’an, (d) Mendidik siswa agar terpanggil hatinya selalu mengingat Allah SWT, (e) Mengajak siswa untuk semangat megerjakan shalat-shalat sunah, (f) Membimbing siswa agar terbiasa mengerjakan puasa sunah, (g) Mendidik siswa agar menumbuhkan rasa cinta terhadap Allah SWT melebihi dari segalanya. Guru memberi pemahaman kepada siswa bahwa semua berasal dari Allah dan semua akan kembali kepada Allah SWT. mengadakan zikir secara rutin.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1756144014 Darni
Date Deposited: 27 Dec 2016 06:52
Last Modified: 27 Dec 2016 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4353

Actions (login required)

View Item View Item