MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MEMPERKUAT DUKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL LEMBAGA (Studi Multi Situs MAN 2 Kota Kediri dan MAN 2 Tulungagung)

MUHAMMAD ARDLI MUBAROK, 12850121025 (2024) MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MEMPERKUAT DUKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL LEMBAGA (Studi Multi Situs MAN 2 Kota Kediri dan MAN 2 Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Memperkuat Dukungan Internal dan Eksternal Lembaga (Studi Multisitus MAN 2 Kota Kediri dan MAN 2 Tulungagung)” ini ditulis oleh Muhammad Ardli Mubarok dengan dibimbing oleh Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M. Ag dan Dr. Imam Junaris, S. Ag, M. H. I Kata Kunci: Manajemen, Hubungan Masyarakat, Internal dan Eksternal Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi peran manajemen hubungan masyarakat dalam memperkuat dukungan internal dan eksternal lembaga pada dua Multisitus Madrasah Aliyah Negeri (MAN), yaitu MAN 2 Kota Kediri dan MAN 2 Tulungagung. Penelitian ini berfokus pada upaya humas dalam membangun dan memelihara hubungan yang baik dengan stakeholder internal dan eksternal guna meningkatkan citra dan dukungan terhadap lembaga. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1)Bagaimana program hubungan masyarakat dalam memperkuat dukungan internal dan eksternal di MAN 2 Kota Kediri dan MAN 2 Tulungagung ? (2)Bagaimana mekanisme hubungan masyarakat dalam memperkuat dukungan internal dan eksternal di MAN 2 Kota Kediri dan MAN 2 Tulungagung ? (3)Bagaimana implikasi hubungan masyarakat dalam memperkuat dukungan internal dan eksternal di MAN 2 Kota Kediri dan MAN 2 Tulungagung ?. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus multisitus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pihak-pihak terkait, observasi partisipatif, dan analisis dokumen terkait manajemen hubungan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen hubungan masyarakat memiliki peran yang signifikan dalam memperkuat dukungan internal dan eksternal lembaga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Program humas dalam memperkuat dukungan internal dan eksternal lembaga terintegrasi secara holistik di lembaga pendidikan. Dengan program-program yang melibatkan pihak internal dan eksternal lembaga. Program-program tersebut adalah publikasi, menjalin komunikasi, informasi, pelayanan prima, dan melibatkan masyarakat internal dan eksternal dalam setiap kegiatan. (2) Mekanisme hubungan masyarakat dalam memperkuat dukungan internal dan eksternal adalah dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dengan mekanisme dan disertai komunikasi yang baik dalam lembaga pendidikan dapat memperkuat dukungan internal dari anggota tim dan meningkatkan dukungan eksternal dari orang tua siswa, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya. (3) Implikasi dari manajemen Hubungan Masyarakat yang efektif dalam lembaga pendidikan memperkuat dukungan internal dari siswa dan staf pengajar, serta memperkuat dukungan eksternal dari komunitas, orang tua, dan pihak sponsor. Dengan dukungan dan komunikasi yang baik dan responsif, lembaga pendidikan dapat membangun citra yang positif, meningkatkan kepuasan dan prestasi siswa, memiliki peminat yang banyak dan dapat mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12850121025 MUHAMMAD ARDLI MUBAROK
Date Deposited: 31 Jan 2024 04:09
Last Modified: 31 Jan 2024 04:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43533

Actions (login required)

View Item View Item