TINGKAT KETERAMPILAN GEOMETRI DITINJAU DARI KECERDASAN BERPIKIR SPASIAL SISWA KELAS VII MTsN 4 BLITAR TAHUN AJARAN 2019/2020

RIZMA RIANTIKA, 17204163231 (2024) TINGKAT KETERAMPILAN GEOMETRI DITINJAU DARI KECERDASAN BERPIKIR SPASIAL SISWA KELAS VII MTsN 4 BLITAR TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Tingkat Keterampilan Geometri Ditinjau Dari Kecerdasan Berpikir Spasial Siswa Kelas VII MTsN 4 Blitar Tahun Ajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Rizma Riantika, NIM. 17204163231, pembimbing Samsul Bakri, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Tingkat Keterampilan Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena kurangnya keterampilan siswa dalam permasalahan matematika terutama pada materi geometri terhadap kecerdasan berpikir spasial. Kurangnya keterampilan geometri siswa tersebut mengakibatkan adanya perbedaan tingkat keterampilan. Fokus Penelitian ini adalah (1) Bagaimana tingkat keterampilan geometri siswa dengan kecerdasan berpikir spasial tinggi kelas VII MTs Negeri 4 Blitar Tahun Ajaran 2019/2020? (2) Bagaimana tingkat keterampilan geometri siswa dengan kecerdasan berpikir spasial sedang kelas VII MTs Negeri 4 Blitar Tahun Ajaran 2019/2020? (3) Bagaimana tingkat keterampilan geometri siswa dengan kecerdasan berpikir spasial rendah kelas VII MTs Negeri 4 Blitar Tahun Ajaran 2019/2020? . Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterampilan geometri siswa dengan kecerdasan berpikir spasial siswa yang berbeda seperti tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di MTs Negeri 4 Blitar. Dalam penelitian ini digunakan metode tes, wawancara, dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui tingkat keterampilan geometri siswa dari yang tinggi, sedang dan rendah. Wawancara digunakan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi perbedaan tingkat keterampilan geometri siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keterampilan geometri siswa memiliki 3 tahapan dengan tingkat yang berbeda. Dengan paling banyak siswa yang memiliki tingkat keterampilan geometri sedang sebanyak 22 siswa, tingkat keterampilan geometri tinggi sebanyak 5 siswa dan tingkat keterampilan geometri rendah sebanyak 5 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa level berpikir visualisasi dapat dicapai oleh ketiga subjek yaitu siswa yang mempunyai kemampuan spasial tinggi, sedang dan rendah. Level berpikir analisis hanya dapat dicapai oleh siswa yang mempunyai tingkat keterampilan spasial tinggi dan siswa yang mempunyai tingkat keterampilan spasial sedang, sedangkan siswa yang mempunyai tingkat keterampilan spasial rendah masih belum mencapai level tersebut. Level deduksi informal hanya dapat dicapai oleh siswa yang mempunyai kemampuan spasial tinggi, sedangkan siswa yang mempunyai tingkat keterampilan kemampuan spasial sedang masih belum mencapai level tersebut dan siswa yang memiliki tingkat keterampilan rendah belum dapat mencapai level tersebut. Dengan demikian, tingkat keterampilan geometri siswa memiliki keterkaitan dengan berpikir spasial.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Geometri
Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163231 RIZMA RIANTIKA
Date Deposited: 31 Jan 2024 06:34
Last Modified: 31 Jan 2024 06:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43536

Actions (login required)

View Item View Item