KIKY ARIANI NUR SAPUTRI, 12201183273 (2024) STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS ASWAJA TUNGGANGRI TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Strategi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Di MTs Aswaja Tunggangri Tahun Ajaran 2021/2022” ini ditulis oleh Kiky Ariani Nur Saputri, NIM. 12201183273, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Suwanto M.S.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Al-Qur’an Hadits, Kesulitan Belajar Penelitian di dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah biasanya kita temui peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, khususnya pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, kesulitan belajar tersebut disebabkan oleh berbagai faktor. Jika kesulitan-kesulitan tersebut tidak diatasi dan dicarikan soulusinya dengan seksama maka akan mempengaruhi pada keberhasilan belajar peserta didik. oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana perencanaan, strategi pembelajaran dan evaluasi dari guru Al-Qur’an Hadits di MTs Aswaja, supaya hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui rencana pembelajaran guru Al-Qur’an Hadits di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir. (2) Untuk mengetahui strategi pelaksanaan guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir. (3) Untuk mengetahui evaluasi guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MTs aswaja Tunggangri Kalidawir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu Kepala Sekolah, Guru AlQur’an Hadits dan Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran di MTs Aswaja mengacu pada kurikulum 2013, perencanaan pembelajaran dirancang dengan menyesuaikan keadaan dan karakter siswa, kesulitan belajar kerap dialami oleh siswa di MTs Aswaja yaitu berupa kesulitan dalam menerima materi, kesulitan dalam membaca Al-Qur’an Hadits, kesulitan menghafal Al-Qur’an Hadits, dan kesulitan dalam menulis Al-Qur’an Hadits. Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru AlQur’an Hadits yaitu strategi ekspository melalui metode ceramah, strategi inkuiri melalui metode sorogan, metode resitasi dan metode tanya jawab, selanjutnya strategi kooperatif melalui metode diskusi dan strategi kontekstual melalui metode demonstrasi. (2) Pelaksanaan pembelajaran AlQur’an Hadits yaitu meliputi kegiatan pembuka pembelajaran, penyampaian materi, dan kegiatan penutup. Dalam penyampaian materi guru Al-Qur’an Hadits menggunakan strategi ekspository melalui metode ceramah digunakan untuk mengatasi kesulitan menerima materi, strategi inkuiri melalui metode sorogan digunakan untuk mengatasi kesulitan membaca dan menghafal Al-Qur’an Hadits, metode resitasi untuk mengatasi kesulitan dalam menerima materi dan menulis Al-Qur’an Hadits, metode tanya jawab digunakan untuk mengatasi kesulitan menerima materi, strategi kooperatif melalui metode diskusi digunakan untuk mengatasi kesulitan menerima materi, dan strategi kontekstual melalui metode demonstrasi untuk mengatasi kesulitan membaca dan menulis Al-Qur’an Hadits. Media yang digunakan berupa laptop dan proyektor, spidol dan papan tulis, sedangkan sumber belajarannya buku LKS dan buku cetak dari kemenag. (3) Evaluasi guru Al-Qur’an Hadits berupa evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Dari hasil evaluasi strategi pembelajaran yang telah ditentukan sudah sesuai dengan karakter peserta didik, selanjutnya strategi yang dianggap paling efektif dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu dengan menggunakan metode sorogan atau talaqqi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran Pendidikan > Guru Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183273 KIKY ARIANI NUR SAPUTRI |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 01:20 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 01:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43559 |
Actions (login required)
View Item |