STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS NEGERI ARYOJEDING

IKFI NURUSHOFA, 2811123104 (2016) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS NEGERI ARYOJEDING. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1. SAMPUL IKFI.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Revisi.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text
BAB II revisi.pdf

Download (573kB)
[img]
Preview
Text
BAB III revisi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV REVISI.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V ikfi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI IKFI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA IKFI.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTs Negeri Aryojeding”. Ditulis oleh: Ikfi Nurushofa dan dibimbing oleh : Bapak Fathul Mujib, M. Ag Dengan kata kunci : Strategi Pembelajaran dan Mutu Pembelajaran Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh peran guru dalam kegiatan pembelajaran, karena guru mempunyai tanggung jawab besar dalam perkembangan kepribadian peserta didik, terutama yang terjadi di kelas, oleh sebab itu guru dituntut untuk memiliki keterampilan dalam menentukan strategi-strategi yang tepat dalam pembelajaran agar meningkatkan mutu pembelajaran. Dalam hal ini peneliti mengkaji bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan mutu pembelajaran pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Negeri Aryojeding. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana formulasi strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan mutu pembelajaran pada mata pelajaran SKI di MTs Negeri Aryojeding? (2) Bagaimana implementasi strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkat mutu pembelajaran pada mata pelajaran SKI di MTs Negeri Aryojeding?, (3) Bagaimana evaluasi strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan mutu pembelajaran pada mata pelajaran SKI di MTs Negeri Aryojeding?, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) In-depht Interview (2) Observasi dan (3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Hubermen yang terdiri dari: (1) Reduksi data (2) Penyajian data dan (3) Verifikasi atau menarik kesimpulan. Adapun teknik pengecekakan keabsahan data yang digunakan yaitu: (1) Perpanjangan keikutsertaan (2) Meningkatkan ketekunan (3)Trianggulasi sumber, dan metode. Hasil penelitian adalah (1) formulasi strategi yang dilakukan oleh Guru Sejarah Kebudayaan Islam adalah a) menganalisis materi, b) menganalisis waktu, c) menganalisis sarana prasarana, d) perumusan tujuan strategi, e) penentuan strategi yang akan digunakan oleh Guru dalam menyampaikan materi pelajaran, f) strategi yang digunakan inkuiri. (2) Implementasi strategi yang dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah a) mengkondisikan peserta didik, b) menggunakan metode yang tepat, c) memotivaasi peserta didik d) menerapkan strategi yang telah dipilih sebelum pembelajaran berlangsung yakni strategi pembelajaran inkuiri. (3) Evaluasi atau penilaian yang dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah a) memberikan pekerjaan rumah (PR), b) peserta didik presentasi didepan kelas, c) guru mengadakan ulanagan tengah semester, d) guru mengadakan feeback kepada peseta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123104 IKFI NURUSHOFA
Date Deposited: 28 Dec 2016 02:14
Last Modified: 28 Dec 2016 02:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4357

Actions (login required)

View Item View Item