STRATEGI GURU KELAS DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK KELAS Ⅳ DI SEKOLAH DASAR ISLAM BAYANUL AZHAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

KHARISMA KHOIRUN NISA’, 12205193077 (2024) STRATEGI GURU KELAS DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK KELAS Ⅳ DI SEKOLAH DASAR ISLAM BAYANUL AZHAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (980kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (462kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (541kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Kelas dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta Didik Kelas Ⅳ di Sekolah Dasar Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Kharisma Khoirun Nisa’, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), NIM 12205193077, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Tahun 2023 dibimbing oleh Dr. Zainudin, S. Ag., M. Pd.I. Kata kunci: Strategi Guru, Pembinaan Akhlakul Karimah Latar belakang penelitian ini yaitu saat sekarang ini, banyak ditemukan masalah terhadap peserta didik terutama yang berkaitan dengan akhlak. Hal ini tentunya bisa dilihat dari kurangnya sikap disiplin peserta didik, kurangnya penghormatan terhadap guru, kurangnya rasa empati terhadap sesama teman serta adanya peserta didik yang berkata tidak baik atau kurang sopan. Salah satu faktor yang paling utama mengenai perubahan pola perilaku seseorang khususnya peserta didik adalah karena faktor negatif dari ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang begitu sangat pesat. Dalam hal ini guru sebagai ganti orang tua di rumah mempunyai peran yang besar dalam mengarahkan, membimbing dan mengawasi peserta didiknya. Oleh karena itu, guru seharusnya memiliki inovasi dalam melahirkan strategi yang beragam untuk membina akhlak peserta didik. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Strategi Guru Kelas dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta Didik Kelas Ⅳ di Sekolah Dasar Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung (2) Bagaimana Hambatan Pelaksanaan Strategi Guru Kelas dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta Didik Kelas Ⅳ di Sekolah Dasar Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung (3) Bagaimana Dampak Strategi Guru Kelas dalam Pembinaan Akhlakul Karimah terhadap Akhlak Peserta Didik Kelas Ⅳ di Sekolah Dasar Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeskripsikan Strategi Guru Kelas dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta Didik Kelas Ⅳ di Sekolah Dasar Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan Hambatan Pelaksanaan Strategi Guru Kelas dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta Didik Kelas Ⅳ di Sekolah Dasar Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan Dampak Strategi Guru Kelas dalam Pembinaan Akhlakul Karimah terhadap Akhlak Peserta Didik Kelas Ⅳ di Sekolah Dasar Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini meggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Lokasi penelitian di Sekolah Dasar Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data reduksi, display data, verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan menggunakan triangulasi dan membercheck. Hasil penelitian ini (1) Strategi yang diterapkan oleh guru kelas dalam pembinaan akhlakul karimah peserta didik kelas Ⅳ adalah melalui: a. Pembiasaan, b. Guru sebagai teladan, c. Pengawasan, d. Cerita dan Nasihat, e. Melalui pemberian hadiah dan pemberian hukuman. (2) Hambatan yang dialami oleh guru kelas dalam pelaksanaan pembinaan akhlakul karimah peserta didik kelas Ⅳ yaitu: a. Kurangnya kesadaran dari peserta didik, b. Kurangnya komunikasi, c. Lingkungan peserta didik (3) Dampak strategi guru kelas dalam pembinaan akhlakul karimah terhadap akhlak peserta didik kelas Ⅳ berjalan perlahan-lahan dan menunjukkan perubahan kearah yang lebih baik, baik akhlak terhadap Allah, Akhlak terhadap sesama manusia, serta akhlak terhadap lingkungan alam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193077 KHARISMA KHOIRUN NISA'
Date Deposited: 06 Feb 2024 09:44
Last Modified: 06 Feb 2024 09:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43599

Actions (login required)

View Item View Item