MIFTACH ROHMATU ALFINA, 2811123141 (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN FIQH DENGAN KITAB KLASIK DAN BUKU MODERN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Miftahul Ula Kertosono Nganjuk). [ Skripsi ]
|
Text
BAB I.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (283kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (206kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Depan .pdf Download (271kB) | Preview |
|
Text
rujukan.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Fiqh Dengan Kitab Klasik Dan Buku Modern Dalam Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Madrasah Aliyah Miftahul Ula Kertosono Nganjuk” ini ditulis oleh Miftach Rohmatu Alfina, NIM. 2811123141, pembimbing Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dunia pendidikan saat ini yang tengah dihadapkan pada masalah lemahnya proses pembelajaran, terutama pada pengolahan strategi pembelajarannya. Penelitian ini difokuskan pada pertanyaan : (1)Bagaimana upaya strategis yang dilakukan MA Miftahul Ula dalam menyampaikan pembelajaran Fiqih?.(2) Bagaimana metode pembelajaran Fiqh dengan kitab klasik dan buku modern di MA Miftahul Ula Kertosono Nganjuk?.(3) Bagaimana hasil pemahaman belajar siswa dengan kedua metode pembelajaran Fiqh menggunakan kitab klasik dan buku modern di MA Miftahul Ula Kertosono Nganjuk?. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitiannya studi kasus dengan penggunaan teknik pengumpulan data yaitu: wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekkan keabsahan data dengan menggunakan teknik credibility, confirmability, transferability, dan dependenbility. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya strategis MA Miftahul Ula Kertosono Nganjuk dalam menyampaikan pembelajaran Fiqih. a) Penerapan pembelajaran Fiqh dengan kitab klasik dan buku modern. b) Kepala madrasah menetapkan pembagian guru pengampu pembelajaran Fiqh dengan kitab klasik dan guru pengampu pembelajaran Fiqh dengan buku modern. c) Kepala madrasah menetapkan perbedaan jam pelajaran Fiqh dengan kitab klasik dan pembelajaran Fiqh dengan buku modern. d) Madrasah menjadikan upaya penyampaian pembelajaran Fiqh ini sebagai ciri khas madrasah. e) Madrasah selalu melakukan inovasi-inovasi dalam pembelajaran. 2) Pelaksanaan metode pembelajaran Fiqh dengan kitab klasik dan buku modern di MA Miftahul Ula Kertosono Nganjuk. a)Melihat keadaan, situasi dan kondisi kelas maupun siswa yang akan di ajar. b) Menggunakan strategi pembelajaran direc instruction dan metode bandongan dan wetonan dalam pembelajaran Fiqh dengan kitab klasik. c) Menggunakan strategi ekspository atau pembelajaran yang memanfaatkan sumberdaya yang ada, termasuk media pembelajaran dan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi, dalam hal ini lebih pada penerapan Fiqh menggunakan buku modern. d) Evaluasi pembelajaran. 3)Hasil Pemahaman Belajar Siswa dengan Kedua Metode Pembelajaran Fiqh di MA Miftahul Ula Kertosono Nganjuk. a) Hasil nilai ujian harian dan nilai rapor. b) Siswa mampu mengimplementasikan cara-cara ibadah dengan baik dan benar di kehidupan nyata, hasil dari belajar ilmu Fiqh menggunakan kitab klasik dan buku modern. c) Lebih semangat dalam belajar. Pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan akan meningkatkan semangat belajar siswa. ABSTRACT Entitled thesis "Fiqh Learning Strategies of Classical and Modern Books to Improve Students’ Comprehension of Madrasah Aliyah Miftahul Ula Kertosono Nganjuk" by Miftach Rohmah Alfina, NIM. 2811123141, led by Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. This research is grounded by a phenomenon of today's educational issues which were faced by the problem of learning process weakness, especially in the processing of learning strategies. This study focused on the question: (1) How can the strategic efforts made MA Miftahul Ula in delivering learning Fiqh?. (2) How is the learning method Fiqh with classics and modern book on MA Miftahul Ula Kertosono Nganjuk?. (3) How is the result of understanding student learning by both the learning method uses Fiqh classics and modern books in MA Miftahul Ula Kertosono Nganjuk ?. This research was descriptive and qualitative research for the types of case study by the use of data collection techniques which are: in-depth interviews, participant observation, and documentation. For the technique of data analysis, it’s going to use the descriptive analysis method that includes: data reduction, data presentation and verification. This research also performs to check the validity of the data using techniques’ credibility, conformability, transferability, and dependability. The results of this study showed that: 1) Strategic efforts of MA Miftahul Ula Kertosono Nganjuk in delivering the learning. a) The implementation of Fiqh learning the classics and modern books. b) The head master determine the distribution of Fiqh learning both either in classical books or modern books. c) The head master define the difference of Fiqh lesson hours in using classics and and modern books. d) the school makes efforts to deliver the learning of Fiqh as typical school. e) the school always makes innovations in learning. 2) Implementation of Fiqh learning method with classics and modern books in MA Miftahul Ula Kertosono Nganjuk. a) Given the circumstances, the circumstances of the classroom and the students who will be in teaching. b) Using the direct instruction and learning strategies and methods Bandongan and Wetonan in learning classic books. c) By the used of expository strategy or learning utilizing existing resources, including instructional media and methods lectures, discussion, and discussion, in this case more on the application of Fiqh are using modern books. d) Evaluation of learning for the sake of maximized learning. 3) Results of the Second Understanding of the students’ Learning Method Fiqh with the Book of Classical and Modern Books in MA Miftahul Ula Kertosono Nganjuk. a) Results of the daily test scores and grades. b) Students are able to implement the ways of worship properly in real life, a result of studying the science of Fiqh using classics and modern books. c) More enthusiasm in learning. Learning is becoming more interesting and it will increase students' enthusiasm for learning in line with the implementation of the strategy of teachers in improving the students’. d) Students are motivated to study harder.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123141 Miftach Rohmatu Alfina |
Date Deposited: | 28 Dec 2016 04:37 |
Last Modified: | 28 Dec 2016 04:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4362 |
Actions (login required)
View Item |