STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN TINDAK TUTUR PADA SISWA DI MIN 11 BLITAR MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER DAN PEMBIASAAN BUDAYA SEKOLAH

AZIZATUL FIKRIYAH HIKMATUL MAULA, 12205193030 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN TINDAK TUTUR PADA SISWA DI MIN 11 BLITAR MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER DAN PEMBIASAAN BUDAYA SEKOLAH. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)

Abstract

Maula, Azizatul Fikriyah Hikmatul. Strategi Guru Dalam Menanamkan Tindak Tutur Pada Siswa di MIN 11 Blitar Melalui Pendidikan Karakter dan Budaya Sekolah. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Elfi Muawanah, S.Ag. M.Pd. Kata kunci : Guru, Karakter, Budaya Sekolah Untuk mengantarkan siswa dalam mencapai tujuan yang diharapkan, sebagai seorang guru harus memiliki strategi pemberian motivasi sehingga siswa akan lebih terarah. Dalam penerapan strategi penanaman pendidikan karakter, guru harus memberikan contoh atau teladan yang baik. Teladan seperti ini dapat dilihat dari tiga aspek yaitu sikap, perkataan dan perbuatan yang saling berkaitan satu sama lain. Aspek perbuatan harus lebih ditonjolkan dalam keteladanan seorang guru. Maka dari itu salah satu cara dalam pembentukan karakter siswa dapat dilakukan melalui budaya sekolah salah satunya kegiatan pembiasaan. Berdasarkan hasil observasi peneliti, di MIN 11 Blitar terdapat kegiatan pembiasaan sekolah. Pembiasaan di MIN 11 Blitar bertujuan untuk membimbing dan membentuk kepribadian anak yang memiliki integritas IMTAK yang mencerminkan nilai-nilai pendidikan karakter islami, hal itu tercermin dalam visi dan misi lembaga pendidikan tersebut. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian terkait straegi guru dalam menanamkan tindak tutur pada siswa MIN 11 Blitar melalui pendidikan karakter dan budaya sekolah. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana cara guru dalam menanamkan disiplin dan sopan santun pada siswa di MIN 1 Blitar ? (2)Bagaimana keterkaitan disiplin dan sopan santun dengan Pendidikan karakter dan budaya sekolah di MIN 11 Blitar ? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah study kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, peyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Madrasah MIN 11 Blitar membuat kebijakan yang harus dilaksanakan oleh guru dan peserta didik terangkum dalam sebuah kegiatan pembiasaan atau disebut budaya sekolah. Menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter saat melakukan aktivitas di sekolah baik itu akademik atau non akademik maupun dalam pembiasaan. Dalam hal tersebut dapat dimasukkan di dalam pembelajaran yang berkarakter lagi sekarang dengan adanya kurikulum merdeka, dan beberapa literasi dan pemiasaan ubudiyah. Tentunya hal itu peran guru sendiri sangatlah penting karena menjadi faktor utama yang didukung oleh beberapa faktor baik dari faktor orang tua teman dan lingkungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193030 AZIZATUL FIKRIYAH HIKMATUL MAULA
Date Deposited: 12 Feb 2024 08:02
Last Modified: 12 Feb 2024 08:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43620

Actions (login required)

View Item View Item