STRATEGI PEMBELAJARAN DARING DALAM MENINGKATKAN NILAI – NILAI RELIGIUS SISWA KELAS V PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Strategi Multi Situs di MI Darussalam dan MI Hayya ‘alal Falah)

AFIFATUL ULFA, 12505194030 (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN DARING DALAM MENINGKATKAN NILAI – NILAI RELIGIUS SISWA KELAS V PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Strategi Multi Situs di MI Darussalam dan MI Hayya ‘alal Falah). [ Thesis ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (851kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (332kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (130kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Strategi Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Religius Siswa Kelas V pada Masa Pandemi Covid19 (Strategi Multisitus di MI Darussalam dan MI Hayya ‘alal Falah Nganjuk), oleh Afifatul Ulfa, NIM.12505194030, Pembimbing Prof. Dr.H. Achmad Patoni, M.Ag dan Dr. Luk Luk Nurmufida, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Daring, Nilai – Nilai Religius, Pandemi Covid-19 FenomenaPandemi covid-19 merupakan musibah seluruh penduduk bumi. Semua segmen kehidupan manusia di muka bumi terganggu, tanpa kecuali pendidikan. Banyak negara memutuskan menutup sekolahdan perguruan tinggi, termasuk Indonesia. Krisis datang dengan tiba-tiba, pemerintah Indonesia mengambil keputusan yang pahit menutup sekolah untuk mengurangi kontak orang-orang secara masif dan untuk menyelamatkan hidup atau tetap harus membuka sekolah dengan strategi pembelajaran daring, juga dalam rangka survivepara pekerja dalam menjaga keberlangsungan ekonomi. Pertanyaan penelitian: (1) Bagaimana strategi pembelajaran daring dalam meningkatkan nilai-nilai religius Ibadah siswa pada masa pandemi covid-19 di MI Darussalam Nganjuk dan MI Hayya alal Falah Nganjuk? (2) Bagaimana strategi pembelajaran daring dalam meningkatkan nilai-nilai religius Akhlak siswa pada masa pandemi covid-19 di MI Darussalam Nganjuk dan MI Hayya alal Falah Nganjuk? (3) Bagaimana strategi pembelajaran daring dalam meningkatkan nilainilai religius Amanah siswa pada masa pandemi covid-19 di MI Darussalam Nganjuk dan MI Hayya alal Falah Nganjuk? Rancangan Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis multi situs, Peneliti sebagai instrumen kunci dalam pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumen.Pengecekan keabsahan data triangulasi dan ketekunan pengamatan setelah data dianalisis. menggunakan teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian: (1) Peningkatan nilai-nilai religius ibadah siswa khususnya dalam pembelajaran daring dapat dilakukan melalui pembiasaan sholat dhuha, pembiasaan berwudhu sebelum belajar dan membaca serta menghafalkan ayat – ayat suci al-Qur’an. Membaca sholawat Thibbil Qulb dan juga aji-aji limo adalah termasuk strategi guru dalam memberikan penerapan untuk meningkatkan nilai religius ibadah di masa pandemi covid-19. (2) Meningkatkan nilai-nilai religius akhlak siswa di masa pandemi dapat dilakukan dengan menjalin kerja sama yang baik dengan orang tua dan seluruh anggota keluarga. Menumbuhkan jiwa-jiwa sosial saat belajar di rumah, mampu menjadi strategi dalam meningkatkan nilainilai akhlak siswa. (3) Strategi yang digunakan guru untuk meningkatkan nilai-nilai religius amanah siswa dengan memberikan kontrol kepada siswa agar siswa mengerjakan proses pembelajaran daringnya secara mandiri dan jujur.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 12505194030 AFIFATUL ULFA
Date Deposited: 15 Feb 2024 02:59
Last Modified: 15 Feb 2024 02:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43623

Actions (login required)

View Item View Item