ANALISIS SEGMENTASI, TARGETING, POSITIONING PADA PRODUK PEMBIAYAAN MUDHARABAH DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DI BMT PETA TULUNGAGUNG DAN BMT MUAMALAH TULUNGAGUNG

LEO GIGIH WAHYU PRADANA, 12401193136 (2024) ANALISIS SEGMENTASI, TARGETING, POSITIONING PADA PRODUK PEMBIAYAAN MUDHARABAH DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DI BMT PETA TULUNGAGUNG DAN BMT MUAMALAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (77kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Segmentasi, Targeting, Positioning Pada Produk Pembiayaan Mudharabah Dalam Meningkatkan Daya Saing Di BMT PETA Tulungagung Dan BMT Muamalah Tulungagung” ini ditulis oleh Leo Gigih Wahyu Pradana, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, NIM.12401193136, Pembimbing Syamsul Umam, S.H.I., M.H. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dengan adanya produk yang mampu memenuhi kebutuhan calon anggota yang dimiliki BMT PETA Tulungagung dan BMT Muamalah Tulungagung sebagai daya saing yang digunakan untuk menarik calon anggota pembiayaan baru dan juga untuk mempertahankan anggota yang lama sehingga seiring berkembangnya perekonomian mikro kecil di Tulungagung juga semakin banyaknya pula munculnya koperasi syariah atau BMT lainnya yang menyebabkan persaingan antar lembaga semakin ketat untuk itu sebagai salah satu cara mengatasinya dan mempertahankan posisi kedua BMT maka menerapkan strategi pemasaran berupa strategi segmentasi pasar, targeting dan positioning. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu 1) Bagaimana strategi segmentasi, targeting dan positioning dalam meningkatkan daya saing produk pembiayaan BMT PETA Tulungagung dan BMT Muamalah Tulungagung?, 2) Bagaimana dampak dari penerapan strategi segmentasi, targeting dan positioning dalam meningkatkan daya saing produk pembiayaan BMT PETA Tulungagung dan BMT Muamalah Tulungagung?, 3) Bagaimana kendala dan upaya BMT PETA Tulungagung dan BMT Muamalah Tulungagung dalam menerapkan strategi tersebut untuk meningkatkan daya saing produk pembiayaannya ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data primer yaitu wawancara kepada tiga karyawan BMT. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara. Teknik analisis datanya meliputi kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data yaitu sumber, metode, dan teori. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) BMT PETA Tulungagung dan BMT Muamalah Tulungagung strategi segmentasi pasarnya memberdayakan anggota yang memiliki usaha, produk mudharabah mencakup seluruh sektor usaha, BMT PETA Tulungagung jenis segmennya lebih ke produsen dan pemerintah sedangkan BMT Muamalah Tulungagung seluruh jenis segmen pasar dan tidak ada segmentasi khusus, strategi targeting BMT PETA Tulungagung lebih menyukai pasar lembaga atau pasar pemerintah dan produk mudharabah untuk pelaku usaha yang baru mulai sedangkan BMT Muamalah Tulungagung mencakup seluruh pelaku usaha, strategi positioning BMT PETA Tulungagung dan BMT Muamalah Tulungagung melihat prospek, lokasi dan hasil keuntungan usaha. 2) Dampak pada kedua BMT yaitu meningkatkan keuntungan, minat produk dan sasaran yang tepat untuk pembiayaan. 3) Kendala pada kedua BMT yaitu tidak terbukanya pelaku usaha terkait keuntungan dan upaya yang dilakukan peningkatan karyawan di lapangan dan diselesaikan dengan kekeluargaan. Kata Kunci: Segmentasi, Targeting, Positioning

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bank Syariah
Ekonomi > Mudharabah
Ekonomi > Pembiayaan
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401193136 LEO GIGIH WAHYU PRADANA
Date Deposited: 12 Feb 2024 07:58
Last Modified: 12 Feb 2024 07:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43625

Actions (login required)

View Item View Item