PENGARUH MEDIA CHEMICAL DOMINO CARD PADA MATERI KOLOID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA SUNAN KALIJOGO JABUNG MALANG

NAFILA FIKY FADHILAH, 12212193073 (2024) PENGARUH MEDIA CHEMICAL DOMINO CARD PADA MATERI KOLOID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA SUNAN KALIJOGO JABUNG MALANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Chemical Domino Card pada Materi Koloid terhadap Hasil belajar Siswa Kelas XI SMA Sunan Kalijogo Jabung Malang” ini ditulis oleh Nafila Fiky Fadhilah, NIM 12212193073, pembimbing Dra. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: Media, Chemical Domino Card, Koloid, Hasil Belajar Siswa Pada proses pembelajaran kimia, seringkali peserta didik menganggap materi kimia itu sulit. Salah satu materi kimia yang bersifat abstrak adalah sistem koloid. Selain itu, media yang digunakan pendidik cenderung kurang menarik minat belajar siswa, sehingga mengakibatkan pembelajaran kurang efektif dan kurang menyenangkan. Media merupakan suatu perantara komunikasi dalam kegiatan pembelajaran sehingga memudahkan informasi atau pesan (materi pembelajaran) tersampaikan ke peserta didik dan membantu serta menstimulus peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan media chemical domino card dalam pembelajaran untuk memantapkan konsep materi secara menarik dan meningkatkan hasil belajar belajar siswa pada pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh media chemical domino card pada materi koloid terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Sunan Kalijogo Jabung Malang dan 2) mengetahui besar pengaruh media chemical domino card terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain Post Test Only Control Design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 20 siswa dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol sebanyak 20 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrument tes hasil belajar divalidasi oleh dosen dan guru kimia kemudia dilakukan uji coba yang menghasilkan 20 soal valid dan reliabilitas soal sebesar 0,844 dengan kriteria baik. Pengambilan data dilakukan menggunakan tes berupa pilihan ganda dan analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian didapat bahwa 1) Hasil belajar siswa yang menggunakan media chemical domino card lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 0,000 < 0,05. 2) Besar pengaruh didapat dari perhitungan effect size, yaitu sebesar 0,86. Hal ini menunjukkan berarti besar pengaruh media chemical domino card terhadap hasil belajar adalah memiliki pengaruh yang besar. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media chemical domino card pada materi koloid terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Sunan Kalijogo Jabung Malang dan besar pengaruh media Chemical Domino Card pada materi koloid terhadap hasil belajar siswa dengan kriteria besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193073 NAFILA FIKY FADHILAH
Date Deposited: 05 Mar 2024 07:32
Last Modified: 05 Mar 2024 07:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43638

Actions (login required)

View Item View Item