UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN LITERASI PADA KELAS BAWAH DAN KESIAPAN UJIAN AKMI PADA KELAS ATAS (Studi Multisitus MI Riyadlotul Uqul Ploso Mojo Kediri dan MI Fastabiqul Khoirot Plus Blabak Kandat Kediri)

ADE LIA VISKA RENA, 12850521001 (2024) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN LITERASI PADA KELAS BAWAH DAN KESIAPAN UJIAN AKMI PADA KELAS ATAS (Studi Multisitus MI Riyadlotul Uqul Ploso Mojo Kediri dan MI Fastabiqul Khoirot Plus Blabak Kandat Kediri). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (509kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (658kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Upaya Guru dalam Meningkatkan Literasi Pada Kelas Bawah dan Kesiapan Ujian AKMI Pada Kelas Atas (Studi Multisitus MI Riyadlotul Uqul Ploso Mojo Kediri dan MI Fastabiqul Khoirot Plus Blabak Kandat Kediri)” ini ditulis oleh Ade Lia Viska Rena dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag., M.Pd., dan Dr. Eni Setyowati, S.Pd., MM. Kata Kunci: Upaya Guru, Kemampuan Siswa, Literasi, Ujian AKMI Literasi merupakan kemampuan membaca, menulis, berbicara menyimak dan memanfaatkan teknologi. Untuk itu literasi berperan penting dalam perkembangan era globalisasi agar seseorang dapat mengembangkan dirinya dibidang sosial, ekonomi dan budaya dari proses pembelajaran literasi. Budaya literasi perlu digalakkan melalui upaya guru untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas bawah dalam berliterasi guna menyiapkan ujian AKMI. Fokus dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan literasi pada kelas bawah di MI Riyadlotul Uqul dan MI Fastabiqul Khoirot Plus? 2) Bagaimana upaya guru dalam kesiapan ujian AKMI pada kelas atas di MI Riyadlotul Uqul dan MI Fastabiqul Khoirot Plus? 3) Bagaimana kendala guru untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berliterasi di MI Riyadlotul Uqul dan MI Fastabiqul Khoirot Plus? 4) Bagaimana upaya guru untuk mengatasi kendala siswa dalam berliterasi di MI riyadlotul Uqul dan MI Fastabiqul Khoirot Plus?. Metode penelit ian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan jenis penelitian studi multisitus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui Analisis Data Kasus Tunggal (Reduksi data, Penyajian data, Verifikasi/ penarikan kesimpulan) dan Analisis data lintas situs. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Upaya guru dalam meningkatkan literasi pada kelas bawah yaitu melalui tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Tahap Pembiasaan meliputi membaca, tahap pengembangan meliputi mengelola pojok baca, membaca berhadiah buku, dan penghargaan membaca, dan pada tahap pembelajaran meliputi membaca buku dan mengungkapkan isi buku. Sebagai penunjang program tersebut, guru selalu menyiapkan metode dan strategi pembelajaran, serta memberikan motivasi kepada siswa. 2) Upaya guru dalam kesiapan ujian AKMI pada kelas atas adalah dengan mempertajam dan memadukan dengan program GLS. Pelaksanaan GLS diantanya mempertimbangkan 3 tahapan, yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. 3) Kendala yang dialami guru dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam berliterasi adalah karakter, kecerdasaran, dan fasilitas penunjang. 4) Upaya guru dalam mengatasi kendala siswa dalam berliterasi adalah pembiasaan dari guru dan menciptakan lingkungan yang nyaman. Saat pelaksanaan ujian AKMI pada kelas atas secara teknis maupun persiapan dilaksanakan secara maksimal dan terorganisir.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12850521001 ADE LIA VISKA RENA
Date Deposited: 15 Feb 2024 02:44
Last Modified: 15 Feb 2024 02:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43645

Actions (login required)

View Item View Item