MIFTAKHUN NABILA, 12205183235 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS INTERNET TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SKI SISWA KELAS IV MI PLUS AL-ISTIGHOTSAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (5MB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (5MB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (5MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Interaktif Berbasis Internet Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung” ini ditulis oleh Miftakhun Nabila, NIM 12205183235, pembimbing Bapak H. Muh Nurul Huda, M.A. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa salah satu indikator kurangnya inovasi dalam pembelajaran dan keahlian guru dalam pemanfaatan media pembelajaran interaktif berbasis internet dengan teknologi elektronik. Serta kurangnya memanfaatkan fasiltas yang telah tersedia di sekolah, sehingga terciptanya ruang kelas yang kurang disiplin dan nilai yang didapat pada siswa kelas IV MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung kurang dari nilai rata-rata sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah: (1.) Adakah pengaruh pembelajaran interaktif berbasis internet terhadap motivasi belajar SKI siswa kelas IV MI plus al-istighotsah panggungrejo Tulungagung? (2.) Adakah pengaruh pembelajaran interaktif berbasis internet terhadap hasil belajar SKI siswa kelas IV MI plus al-istighotsah Panggungrejo Tulungagung? (3.) Adakah pengaruh pembelajaran interaktif berbasis internet terhadap motivasi dan hasil belajar SKI siswa kelas IV MI plus al-istighotsah Panggungrejo Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh pembelajaran interaktif berbasis internet terhadap motivasi dan hasil beljar SKI siswa kelas IV MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung dan mencari seberapa beasar pengaruh yang di hasilkan. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan analisis uji t dan uji MANOVA yang didasarkan atas hubungan fungsional maupun kasual antara varieable independen dengan variable depeden. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan kuisoner dengan skala interval likert, yaitu skala yang berisi 4 tingkatan prefensi jawaban dengan pilihan sebgai berikut: (1) sangat Sesuai, (2) sesuai, (3) Tidak Sesuai, (4) Sangat Tidak Sesuai. Adapun teknik pengumulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes (pre-test dan post-test), observasi, angket. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa pembelajaran interaktif berbasis interne dapat meingkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada hasil uji MANOVA motivasi belajar 0,00 dan pada hasil belajar 0,006 yang semua nilai tersebut di atas 0,05 sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan. Dengan artian terdapat pengaruh yang positif terhadap motivasi dan hasil belajar SKI. karena dalam pembelajaran interaktif berbasis internet lebih menarik dan memudahkan siswa dalam meningktkan prestasi pada mata pelajaran SKI. Kata Kunci: Pembelajaran Interaktif, Motivasi dan Hasil Belajar
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan > Gaya Belajar Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183235 MIFTAKHUN NABILA |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 04:40 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 04:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43670 |
Actions (login required)
View Item |