PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSTEKTUAL PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 2 MI NURUL ULUM PARAKAN KECAMATAN TRENGGALEK KABUPATEN TRENGGALEK

ULFA AWWALIYA NIKMAH, 12205183160 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSTEKTUAL PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 2 MI NURUL ULUM PARAKAN KECAMATAN TRENGGALEK KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (611kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Konstektual Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II MI Nurul Ulum Parakan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Ulfa Awwaliya Nikmah, NIM. 12205183160, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dita Hendriani, M. A., NIP. 197912202014032001 Kata kunci : Konstektual, Aqidah Akhlak, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model ceramah (konvensional) yang masih digunakan pada saat proses pembelajaran saat ini. Penggunaan model pembelajaran ini dinilai monoton karena peserta didik bersifat pasif sedangkan guru bersifat aktif. Hal ini berdampak rendahnya hasil belajar peserta didik. Oleh sebab itu model pembelajaran baru diperlukan agar peserta didik dapat aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Maka guru dituntut memiliki keterampilan untuk memilih dan mengembangkan model pembelajaran. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar maka guru dapat menggunakan model pembelajaran Konstektual. Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran Konstektual pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak terhadap hasil belajar peserta didik kelas 2 MI Nurul Ulum Parakan? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran Konstektual pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak terhadap psikomotorik peserta didik kelas 2 MI Nurul Ulum Parakan? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Konstektual pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak terhadap hasil belajar dan psikomotorik peserta didik kelas 2 MI Nurul Ulum parakan Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas II MI Nurul Ulum Parakan Trenggalek. Sampel yang dipilih adalah peserta didik kelas II-A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 20 peserta didik dan kelas II-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 16 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode test dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah yang pertama uji instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, kedua uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, ketiga uji hipotesis meliputi uji t-test dan uji Manova. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada pengaruh model pembelajaran konstektual pada mata pelajaran Aqidah Akhlak terhadap hasil belajar peserta didik kelas 2 MI Nurul-Ulum Parakan Trenggalek dengan perhitungan uji t-test hasil belajar peserta didik kelas 2 MI Nurul Ulum Parakan Trengalek pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi “Kalimat Thayyibah dan Asmaul Husna” diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima karena nilai sig. (2-tailed) < 0,05. (2) Ada pengaruh model pembelajaran konstektual pada mata pelajaran Aqidah Akhlak terhadap psikomotorik peserta didik kelas 2 MI Nurul-Ulum Parakan Trenggalek dengan perhitungan uji t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,004, yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima karena nilai sig. (2-tailed) < 0,05. (3) Ada pengaruh model pembelajaran konstektual pada mata pelajaran Aqidah Akhlak terhadap hasil belajar dan psikomotorik peserta didik kelas 2 MI Nurul-Ulum Parakan Trenggalek dengan perhitungan uji Manova diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima karena nilai Sig. (2-tailed) < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183160 ULFA AWWALIYA NIKMAH
Date Deposited: 13 Mar 2024 07:37
Last Modified: 13 Mar 2024 07:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43686

Actions (login required)

View Item View Item