STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN 1 GEMAHARJO WATULIMO TRENGGALEK

RIZKA FATMARANI, 17205163185 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN 1 GEMAHARJO WATULIMO TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SDN 1 Gemaharjo Watulimo Trenggalek”, ini ditulis oleh Rizka Fatmarani, NIM 17205163185, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatulloh Tulungagung, dibimbing oleh Rohmah Ivantri, M. Pd.I Kata Kunci: Hasil Belajar, Strategi Guru Penelitian dalam skripsi ini seorang guru harus dapat menciptakan suatu proses pembelajaran yang menekankan pada terjadinya proses belajar siswa secara aktif melalui berbagai kegiatan. Selama ini masih banyak guru yang memberikan materi hanya dengan menggunakan metode ceramah saja, hasilnya siswa akan mudah bosan dan tidak dapat menangkap materi yang disampaikan guru dengan maksimal. Akan tetapi berbeda dengan sekolah yang peneliti temukan ini, di SDN 1 Gemaharjo ini para guru mampu menyampaikan materi dengan santai dan menyenangkan sehingga materi bisa ditangkap dan dicerna dengan mudah oleh siswa. Karena itulah peneliti tertarik untuk mengulik informasi secara mendalam tentang bagaimana proses pembelajaran yang terjadi didalamnya. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana perencanaan pembelajaran guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SDN 1 Gemaharjo Watulimo Trenggalek? 2). Bagaimana pelaksanaan pembelajaran guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SDN 1 Gemaharjo Watulimo Trenggalek? 3). Bagaimana evaluasi pembelajaran guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SDN 1 Gemaharjo Watulimo Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, lokasi penelitiannya di SDN 1 Gemaharjo Watulimo Trenggalek. Sumber data yang diperoleh ada dua jenis yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan perpanjangan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) SDN 1 Gemaharjo menerapkandua kurikulum pada tahun ajaran 2022/2023 agar peserta didik tidak ketinggalan zaman yang semakin maju. Adapun komponen perencanaan pembelajaran kurikulum 2013 meliputi program tahunan, program semester, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran, sedangkan pada kurikulum merdeka meliputi capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran dan modul ajar. 2) selain menyiapkan metode, media dan sumber belajar yang sesuai dengan materi dan bisa diterapkan pada siswa, guru sebelum melaksanakan pembelajaran terlebih dahulu mendampingi peserta didik tadarus alqur’an dan dilanjutkan dengan menghafal perkalian dasar guna mengasah ingatan peserta didik, hal ini adalah salah satu upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa. 3) pada kurikulum 2013 guru mengevaluasi siswa dengan tiga aspek yaitu afektif, kognitif dan psikomotorik sedangkan pada kurikulum merdeka guru menilai siswa setiap akhir pembelajarannya entah dari latihan maupun prakteknya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163185 RIZKA FATMARANI
Date Deposited: 19 Feb 2024 02:41
Last Modified: 19 Feb 2024 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43708

Actions (login required)

View Item View Item