PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMPN 1 KAUMAN TULUNGAGUNG

Imam Badarudin Sholeh, 2811123106 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMPN 1 KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Bagian Awal.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB III.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB IV.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab VI.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Lampiran.pdf

Download (875kB) | Preview

Abstract

Imam Badarudin Sholeh, 2811123106, 2016. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Kauman Tulungagung”, Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing : oleh Agus Purwo W, S.Ag., M,Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Media Pembalajaran merupakan salah satu alat bantu dalam pembelajaran. Media pembelajaran berguna untuk membantu seorang pengajar dalam menyampaikan materi kepada pelajar supaya materi bisa lebih cepat diterima dengan baik. Motivasi belajar berarti dorongan atau semangat dari diri bahkan bisa didapatkan dari orang lain. Motivasi biasanya berguna untuk memberikan semangat baru kepada seorang pelajar yang malas belajar, sehingga bisa menjadi semangat belajar lagi. Motivasi ini bisa didapatkan dari dalam diri kita sendiri bahkan bisa juga dari orang tua,guru dan teman. Hasil belajar merupakan perolehan dari proses belajar siswa sesuai dengan tujuan pengajaran. Dalam proses pembelajaran guna memahami materi pelajaran penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar sedikit memberi pengaruh terhadap hasil belajarnya. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh penggunaan media visual dalam bentuk gambar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII di SMPN 1 Kauman Tulungagung? (2) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII di SMPN 1 Kauman Tulungagung? (3) Apakah ada interaksi penggunaan media visual dalam bentuk gambar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII di SMPN 1 Kauman Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh penggunaan media visual berbentuk gambar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII di SMPN 1 Kauman Tulungagung (2) Mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII di SMPN 1 Kauman Tulungagung (3) Mengetahui interaksi penggunaan media visual berbentuk gambar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII di SMPN 1 Kauman Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Kauman Tulungagung Tahun Aajaran 2015/2016 yang sejumlah total 394 siswa. Dengan menggunakan purposive sampling dalam pengambilan sampel. Sedangkan tehnik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tehnik dokumentasi dan angket. Untuk selanjutnya dianalisis menggunakan analisis statistic dengan analisis uji anova memakai uji t dan uji F dengan menggunakan bantuan computer program SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil uji analisis anova diperoleh: (a) penggunaan media pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar, dengan rumus statistic diperoleh t hitung= 2,643 dan t tabel= 2,384 dengan t hitung > t tabel yaitu 2,643 > 2,384 dan dengan bantuan aplikasi SPSS 16.0 diperoleh signifikan 0,023 < 0,05. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar dengan pengaruhnya sebesar 25,9 % dan sisanya disebabkan oleh variabel lain. (b) Motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar, dengan rumusan statistic diperoleh t hitung = 3,194 dan t tabel = 2,384 dengan t hitung > t tabel yaitu 3,194 > 2,384 dan dengan bantuan aplikasi SPSS 16.0 diperoleh signifikan 0,002 < 0,05. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan pengaruh sebesar 35 % dan sisanya dipengaruhi variabel lain. Berdasarkan uji analisis anova diperoleh: penggunaan media pembelajaran bersama-sama perpengaruh terhadap hasil belajar berdasarkan uji F dengan signifikan 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran dan motivasi berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas VII SMPN 1 Kauman Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.pd.i 2811123106 Imam Badarudin Sholeh
Date Deposited: 29 Dec 2016 02:49
Last Modified: 29 Dec 2016 02:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4371

Actions (login required)

View Item View Item