TASYA MAGHFIROTUL WAHIDAH, 12210193001 (2023) PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN TEKS ULASAN BERBASIS QUIZIZZ BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (529kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (316kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (268kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) | Preview |
Abstract
Wahidah, Tasya Maghfirotul. ―Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Teks Ulasan Berbasis Quizizz Bagi Peserta Didik Kelas VIII‖. Skripsi, Prodi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Titik Dwi Ramthi Hakim, M. Pd. Kata kunci : Alat Evaluasi, Quizizz, Teks Ulasan Evaluasi adalah kegiatan pembelajaran yang penting dan tidak dapat dipisahkan antara tujuan pembelajaran dan proses belajar-mengajar. Kegiatan evaluasi pembelajaran terkadang mengalami beberapa kedala seperti gugup hingga lupa materi yang sebelumnya telah dipelajari. Kendala seperti ini biasa dialami peserta didik ketika melakukan ujian secara konvensional. Namun, seiring berkembangnya zaman banyak dikembangkan alat evaluasi pembelajaran yang lebih efektif dan interaktif. Alat evaluasi ini berbentuk Information and Communication Technology (ICT). Salah satu alat evaluasi berbentuk ICT adalah aplikasi Quizizz. Aplikasi ini mulai populer sejak masa pandemi masuk di Indonesia. Selain itu, aplikasi Quizizz telah diunduh sebanyak 10 juta pengguna. Melalui kendala tersebut peneliti memiliki beberapa tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengembangkan proses pengembangan Quizizz sebagai alat evaluasi; (2) Menguji kelayakan alat evaluasi berbasis Quizizz; (3) Mengetahui daya beda dan tingkat kesukaran alat evaluasi. Berdasarkan tujuan tersebut jenis penelitian yang digunakan adalah Research And Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini merupakan milik Borg & Gall. Subjek yang digunakan dalam penelitian sebanyak 18 peserta didik kelas VIII SMP IT Tahfidzil Qur‘an Bayanul Azhar Bendiljati Kulon. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, teknik tes, dan teknik angket. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh dari ahli materi, media, dan pendidik Bahasa Indonesia terkait tujuan penelitian adalah sebagai berikut. Hasil validasi ahli materi mencapai 85% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi ahli alat evaluasi pembelajaran mencapai 93% dengan kategori sangat valid. Sedangkan, validasi dari pendidik Bahasa Indonesia mencapai 100% dengan kategori sangat valid. Soal yang diuji cobakan pada tahap akhir mendapat kategori tyang bervariasi, diantaranya jelek, cukup, baik, dan sangat baik pada daya pembeda. Data tingkat kesukaran mendapat kategori sedang dan terlalu mudah. Melalui uji coba lapangan utama ini alat evaluasi yang dikembangkan dinyatakan mencapai kriteria tuntas dengan tingkat klasikal 73%. Melalui pemanfaatan alat evaluasi berbasis ICT soal dapat dibentuk dengan lebih bervarasi. Dalam penelitian dan pengembangan aplikasi Quizizz soal yang diberikan berbentuk pilihan ganda, isian singkat, esai, dan menyusun. Selain itu, dalam soal disertai video untuk lebih jelas.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Bahasa Dan Sastra > Literasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210193001 TASYA MAGHFIROTUL WAHIDAH |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 03:33 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 03:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43712 |
Actions (login required)
View Item |