PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI BERBANTUAN VIRTUAL LABORATORY PADA MATERI LAJU REAKSI

SISKA FITRI SELAWATI, 12212193085 (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI BERBANTUAN VIRTUAL LABORATORY PADA MATERI LAJU REAKSI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Berbasis Multipel Representasi Berbantuan Virtual Laboratory Pada Materi Laju Reaksi” ini ditulis oleh Siska Fitri Selawati, NIM.12212193085 pembimbing Ifah Silfianah M. Pd. Kata Kunci: E-Modul, Multipel Representasi, Virtual Laboratory, Laju Reaksi. Era globlalisasi saat ini, pelaksanaan pembelajaran perlu didukung dengan media pembelajaran yang berbasis teknologi. Penggunaan bahan ajar khususnya materi laju reaksi masih sebatas bahan ajar cetak yang cenderung kurang menarik. Laju reaksi merupakan materi yang tergolong sulit. Penggunaan bahan ajar yang baik akan membuat peserta didik lebih mudah memahami materi. Salah satu bahan ajar yang berbasis teknologi saat ini adalah modul elektronik (e-modul) yang dikemas dengan kegiatan laboratorim virtual didalamnya. Kegiatan praktikum menggunakan Virtual Laboratory ini dilakukan agar peserta didik dapat melakukan percobaan secara mandiri berdasarkan petunjuk praktikum. Penggunaan virtual laboratory dalam dapat diintregasikan dalam bahan ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengembangkan produk e-modul berbasis multipel representasi materi laju reaksi berbantuan virtual laboratory yang dapat memfasilitasi siswa pada pembelajaran materi laju reaksi dengan menggunakan laboratorium virtual untukmenunjang kegiatan praktikum siswa. (2). Mendeskripsikan kelayakan e-modul multipel representasi materi laju reaksi yang berbantuan virtual laboratory. (3). Mendeskripsikan respon siswa terhadap pengembangan bahan ajar emodul berbasis multipel representasi berbantuan virtual laboratory pada materi laju reaksi. Jenis penelitian ini adalah Reserch and Development (R&D) model 4D dari S. Thiagarajan, DorothyS. Semmel, dan Melvyn I. Semmel yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Namun, penelitian ini dibatasi hanya sampai develop, karena keterbatasan waktu dan biaya. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, lembar validasi, dan angket respon peserta didik. Validasi dilakukan oleh 1 dosen kimia dan 1 guru kimia. Subjek penelitian adalah 28 peserta didik SMAN 1 Tulungagung kelas XII IPA 2. Teknik analisis data berupa analisisdata kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) pengembangan produk berupa modul elektronik (e- modul) berbasis multipel representasi berbantuan virtual laboratory pada materi laju reaksi. E-modul dikembangkan dengan maksud sebagai fasilitas belajar mandiri bagi peserta didik. (2). E-modul dikatakan sangat valid oleh validator ahli materi dengan persentase sebesar 87% dan ahli media dengan persentase sebesar 88% dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. (3). Respon keterbacaan e-modul menunjukkan ratarata persentase sebesar 71% yang berkategori “layak”. Dengan demikian, E-Modul Laju Reaksi Berbasis Multipel Representasi Berbantuan Virtual Laboratory layak untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran materi laju reaksi pada siswa SMA Kelas XI.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia > Larutan Elektrolit
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193085 SISKA FITRI SELAWATI
Date Deposited: 20 Feb 2024 07:52
Last Modified: 20 Feb 2024 07:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43722

Actions (login required)

View Item View Item