MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DI SMAN 1 KARANGAN TRENGGALEK

SILVIA LAILATUL QORRI'AH, 12207183110 (2024) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DI SMAN 1 KARANGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (435kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Di SMAN 1 Karangan Trenggalek” ini ditulis oleh Silvia Lailatul Qorri’ah, NIM 12207183110, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatulloh Tulungagung (UIN SATU), yang dibimbimbing oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci Manajemen, Sarana Prasarana, Kreativitas Siswa Keberhasilan program Pendidikan Pendidikan melalui proses belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh banyak factor, salah satunya ialah tersedianya sarana dan prasarana Pendidikan yang sangat penting yang harus dikelola oleh Lembaga, selain sebagai penunjang proses Pendidikan di sekolah. Dengan adanya sarana dan prasarana, guru dan siswa sangat terbantu dalam melaksanakan kegiatan belajar mengjar utamanya untuk meningkatkan kreativitas siswa. Oleh karena itu, diperlukan pengelolaan sarana dan prasarana yang baik agar kualitas dan kuantitasdari sarana dan prasarna Pendidikan dapat dipertahankan dalam jangka waktu yang lebih relative lama. Untuk itu, sekolah dituntut untuk dapat melakukan manajemen dalam hal meningkatkan sarana dan prasarana guna mempertahankan dan meningkatkan kreativitas siswa yang ada didalam Lembaga. Diaman yang semakin berkembang ini manajemen sarana dan prasarana di Lembaga Pendidikan sendiri yang merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan kreativitas siswa di bidang ketrampilan maupun pengetahuan siswa. Tentunya Lembaga Pendidikan harus mampu bergerak cepat dan pengelolaan saranadan prasarana untuk membantu meningkatkan kreativitas siswa di masa sekarang dan di masa yang akan datang. Untuk mendalami hal tersebut peneliti merumuskan focus penelitian sebagai berikut 1) Bagaimana perencanaan sarana dan prasarana Pendidikan dalam meningkatkan kreativitas siswa di SMAN 1 Karangan Trenggalek?, 2) Bagaimana pelaksanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kreativitas siswa di SMAN 1 Karangan Trenggalek?, 3) Bagaimana evaluasi manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan kreativitas siswa di SMAN 1 Karangan Trenggalek?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan terkait perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajemen sarpras dalam meningkatkan kreativitas siswa pada SMAN 1 Karangan Trenggalek. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara mendalam, observasi participant, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini 1) Perencanaan kebutuhan dilakukan dengan rapat di awal tahun ajaran, setiap guru diberikan angket untuk di isi sesuai dengan kebutuhan sarana dan prasarana sekolah, dalam perencanaan sarana dan prasarana, hasilyang ada disetujui oleh kepala sekolah dan waka sarpras. 2) Pelaksanaan dilakukan setelah dana yang diperoleh sekolah sudah sinkron dengan kebutuhan sarana dan prasarana sekolah, dalam pelaksanaan semua guru, staff dan siswa terlibat dalam kegiatan di SMAN 1 Karangan Trenggalek dalam meningkatkan kreativitas siswa yaitu dengan mengadakan lomba dalam sekolah maupun luar sekolah. 3) Tehnik evaluasi manajemen sarana dan prasarana di SMAN 1 Karangan Trenggalek mengacu pada laporan staf dan guru terkait sarana prasarana, evaluasi bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan sarana dan prasarana yang ada di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207183110 SILVIA LAILATUL QORRI'AH
Date Deposited: 22 Feb 2024 03:04
Last Modified: 22 Feb 2024 03:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43762

Actions (login required)

View Item View Item