SITI KOLIFATUL LATHIFAH, 12205193291 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER NILAI RELIGIUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (647kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (184kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (335kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (742kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (283kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Nilai Religius Melalui Kegiatan Keagamaan di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Kolifatul Lathifah, NIM. 12205193291, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi Dr. Muhammad Afthon Ulin Nuha, M. Pd. Kata kunci: strategi guru, Pendidikan Karakter Nilai Religius Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya pendidikan Indonesia yang masih menekankan pada pemahaman atau transfer of knowledge, serta mengabaikan nilainilai yang harus disampaikan untuk membentuk karakter. Dengan demikian perlu adanya penerapan strategi yang sesuai dengan penanaman karakter nilai religius sejak dini pada peserta didik sehingga mampu membentuk karakter sesuai dengan ajaran agama Islam sebagai jati diri peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan strategi guru dalam menanamkan karakter nilai religius di MI Roudlotul Ulum Jabalsari. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi guru dalam menanamkan karakter nilai religius melalui kegiatan keagamaan di MI Roudlotul Ulum Jabalsari. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi dari pelaksanaan strategi guru dalam menanamkan karakter nilai religius melalui kegiatan keagamaan di MI Roudlotul Ulum Jabalsari. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian berada di MI Roudlotul Ulum Jabalsari. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan data, sedangkan analisis data dilakukan dengan langkah-langkah pengumpulan data, kondensasi data kemudian penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Perencanaan dalam menanamkan karakter nilai religius melalui kegiatan keagamaan yaitu dengan mengidentifikasi tingkah laku dan latar belakang peserta didik, menentukan jenis kegiatan keagamaan disesuaikan dengan tujuan karakter yang ingin dicapai, dan guru menentukan jadwal kegiatan keagamaan yang akan dilaksanakan. (2) Pelaksanaan strategi pembiasaan yaitu dengan melaksanakan shalat dhuha dan dhuhur berjama’ah, program tartil dan tahfidz, pembacaan surat Yasin dan Tahlil, dan istighosah, serta keteladanan yang diberikan oleh guru di lingkungan madrasah. (3) Evaluasi pelaksanaan strategi guru dalam menanamkan karakter nilai religius melalui kegiatan keagamaan dilaksanakan dengan observasi langsung terhadap peserta didik dalam keaktifan partisipasi melalui kegiatan keagamaan dan adanya ujian lisan yang dilaksanakan setiap penilaian tengah semester dan akhir semester, serta pada akhir tahun pembelajaran khusus kelas VI diadakan munaqosah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193291 SITI KOLIFATUL LATHIFAH |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 08:41 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 08:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43769 |
Actions (login required)
View Item |