SRATEGI GURU DALAM MENGADAKAN VARIASI PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELARAN DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

AINUR ROHMAH, 12205173135 (2024) SRATEGI GURU DALAM MENGADAKAN VARIASI PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELARAN DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (428kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang Berjudul “Strategi Guru Dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di MI Podorejo Sumbergempol” ditulis oleh Ainur Rohmah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dibimbing oleh Mustofa, S.S, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Guru, Variasi Pembelajaran Tematik, Kualitas Pembelajaran Penelitian dalam skripsi ini seorang guru harus dapat menciptakan suatu proses pembelajaran yang menyenangkan dan menarik yaitu dengan variasi pembelajaran. Khususnya pada mata pelajaran tematik di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang intregatif yaitu menekankan agar siswa lebih kreatif dan inovatif serta mencari pengetahuan sendiri jika materi yang ada di buku belum ada selain itu jam pembelajarannya juga lebih banyak. Selama ini guru mata pelajaran tematik sudah melakukan variasi pembelajaran tematik, namun perlu dikembangkan serta ditingkatkan lagi agar lebih maksimal. Oleh karena itu diperlukan strategi guru dalam mengadakan variasi pembelajaran tematik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Dengan adanya strategi guru dalam proses pembelajaran ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, dan proses pembelajaran menjadi menyenangkan. Penelitian ini membahas tentang Strategi Guru Dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di MI Poddorejo Sumbergempol Tulungagung . Fokus penelitian yang akan diuji dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana strategi guru dalam mengadakan variasi pembelajaran tematik pada keterampilan mengajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? 2)Bagaimana strategi guru dalam mengadakan variasi pembelajaran tematik pada kemampuan menggunakan media untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? 3) Bagaimana strategi guru dalam mengadakan variasi pembelajaran tematik pada kemampuan mengelola kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah :1) Mendeskripsikan bagaimana strategi guru dalam mengadakan variasi pembelajaran tematik pada keteampilan mengajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. 2) Mendeskripsikan bagaimana strategi guru dalam mengadakan variasi pembelajaran tematik pada kemampuan menggunakan media untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung 3)Mendeskripsikan bagaimana strategi guru dalam mengadakan variasi pembelajaran tematik pada kemampuan mengelola kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskiptif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, Ketekunan atau Keajegan Pengamatan dan triagulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Guru dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. 1) Stategi guru dalam mengadakan variasi pembelajaran tematik pada keterampilan mengajar di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung telah mampu mengadakan variasi pada keterampilan mengajar. Setiap guru mempunyai cara tersendiri untuk dapat menarik perhatian siswa agar tetap fokus dengan materi pmbelajaran. Sesekali guru juga memberikan teguran pada sisiwa yang gaduh dan kurang memperhatikan pelajaran. Guru juga tidak hanya fokus mengajar di depan kelas, namun sesekali juga mereka berkeliling ke arah siswa untuk menambah rasa dekat dengan siswa sembari mengontrol tingkah laku siswa, serta melakukan kontak pandang dengan siswa. 2) Strategi Guru dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Tematik pada Kemampuan Menggunakan Media bahwa guru di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung telah berusaha variasi media dalam pembelajaran tematik baik yang berupa media visual yang berupa gambar dan bagan, media audio yang berupa suara guru sendiri, dan juga media audiovisual seperti vidio pembelajaran. Namun tidak setiap kali pembelajaran tematik berlangsung guru menggunakan media pembelajaran, hal ini disesuai dengan materi yang disampaikan, tujuan pembelajaran, serta alokasi waktu yang tersedia. 3) Strategi guru dalam mengadakan variasi pembelajaran tematik pada kemampuan mengelola kelas menunjukkan bahwa setiap guru mempunyai cara bervariasi dalam mengelola kelas agar siswa tetap fokus dan kelas menjadi kondusif. Tetapi ada tiga pendekatan yang sering dilakukan oleh guru, yaitu pendekatan kekuasaan, pendekatan ancamaan pendekatan pengajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173135 AINUR ROHMAH
Date Deposited: 22 Feb 2024 07:08
Last Modified: 22 Feb 2024 07:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43788

Actions (login required)

View Item View Item