PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI POTENSI SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA UNTUK KELAS VII (Studi Penelitian di SMPN 1 Sanankulon, SMPN 2 Ngunut, dan SMPN 2 Kademangan)

YULIANA KARMANI, 12209193050 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI POTENSI SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA UNTUK KELAS VII (Studi Penelitian di SMPN 1 Sanankulon, SMPN 2 Ngunut, dan SMPN 2 Kademangan). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (254kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS Pada Materi Potensi Sumber Daya Alam di Indonesia Untuk Kelas VII (Studi Penelitian di SMPN 1 Sanankulon, SMPN 2 Ngunut, dan SMPN 2 Kademangan)” ditulis oleh Yuliana Karmani NIM. 12209193050. Pembimbing: Hendra Pratama., M.Pd. Kata Kunci:Pengembangan Media, Video Pembelajaran IPS, Materi Potensi Sumber Daya Alam di Indonesia Dalam pembelajaran IPS guru diharuskan untuk mengarahkan siswa untuk berpikir kritis dan kreatif. Namun sering terjadi kesulitan penyampaian materi dalam pembelajaran IPS sehari-hari disekolah. Maka perlunya Pengembangan Media Video Pembelajaran pada mata pelajaran IPS. Produk yang dihasilkan pada pengembangan ini merupakan video pembelajaran IPS pada materi Potensi Sumber Daya Alam di Indonesia untuk siswa kelas VII. Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media pembelajaran IPS pada materi Potensi Sumber Daya Alam di Indonesia untuk kelas VII. (2) Untuk mengetahui hasil kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan media pembelajaran IPS pada materi Potensi Sumber Daya Alam di Indonesia untuk kelas VII. (3) Untuk mengetahui hasil analisis kebutuhan media pada sekolah? Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Langkah- langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah (1) analisis kebutuhan; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) uji coba produk; (6) revisi produk; (7) uji coba produk; (8) revisi produk. Dari hasil penelitian ini menunjukkan (1) Langkah-langkah pengembangan media pembelajaran IPS pada materi Potensi Sumber Daya Alam di Indonesia untuk kelas VII dilakukan pada kelas VII di SMPN 1 Sanankulon Blitar, SMPN 2 Ngunut, SMPN 2 Kademangan. Pada penelitian menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berupa video pembelajaran untuk peserta didik, pendidik, sekolah serta link youtube. (2) Hasil kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan media pembelajaran IPS pada materi Sumber Daya Alam di Indonesia untuk kelas VII menunjukkan komponen kevalidan dan kepraktisan sesuai dengan penilaian ahli media, materi, dan teman sejawat dengan presentase 85%. Keefektifan penggunaan media peneliti menggunakan hasil penilaian sebelum penggunaan media video IPS yang dibandingkan dengan nilai pengembangan media video pembelajaran IPS pada materi Potensi Sumber Daya Alam di Indonesia efektif untuk kelas VII. (3) Hasil analisis kebutuhan media pada sekolah menunjukkan bahwa masih kurangnya media pembelajaran yang efektif sehingga membuat peserta didik memiliki anggapan bahwa mempelajari materi SDA sulit dan juga membosankan. Dengan adanya pengembangan media pembelajaran IPS, maka diharapkan peserta didik menjadi lebih tertarik dalam mempelajari materi Sumber Daya Alam di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan bahwa media video pembelajaran belum pernah digunakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193050 YULIANA KARMANI
Date Deposited: 22 Feb 2024 08:37
Last Modified: 22 Feb 2024 08:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43790

Actions (login required)

View Item View Item