PIPIT UTAMI, 12201193292 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (894kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (523kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (301kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (710kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (677kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung” ditulis oleh Pipit Utami, NIM 12201193292, pembimbing: Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. Kata kunci: Strategi Guru, Kesulitan Belajar, Pendidikan Agama Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa dalam proses belajar mengajar di sekolah masih kita jumpai peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, terlebih pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Di SMAN 1 Gondang dipatkan fenomena peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda- beda dan tidak semuanya memiliki minat membaca yang baik. Dalam hal ini maka perlu strategi yang dilakukan oleh guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didiknya. Penelitian ini bermaksud untuk mendiskripsikan bagaimana guru untuk mengatasi kesulitan belajar PAI peserta didik dimulai dari aspek perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Adapun pertanyaan penelitian ini adalah: 1. Bagaimana perencanaan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung? 2. Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung? 3. Bagaimana evaluasi strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Analisa data yang dilakukan mulai dari kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan triangulasi sumber, teknik dan teori. Hasil penelitiannya adalah 1) Perencanaan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung ditetapkan menjadi 2 tahap yakni menggali kesulitan belajar dan menetapkan tujuan dan program, 2) Pelaksanaan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung dengan memotivasi siswa, mengadakan jam tambahan berupa ekstra kulikuler remaja masjid, dan memantau kegiatan pembelajaran, 3) Evaluasi yang dilakukan guru kelas yakni berupa penilaian individu baik dari aspek kesulitan membaca, menulis maupun menghafal Al Quran. Evaluasi baca, tulis, dan hafalan Al-Qur’an dilakukan dengan tes unjuk kerja, di mana peserta didik diminta guru mempraktikkan secara langsung membaca, menulis dan menghafal Al-Qur’an di hadapan guru. Bagi peserta didik yang belum memenuhi nilai yang diharapkan, maka dilakukan remidi. Evaluasi ibadah dilakukan dengan cara ujian tulis maupun praktek, di mana guru menguji secara langsung dan menilai melalui rubrik penilaian.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193292 PIPIT UTAMI |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 08:49 |
Last Modified: | 27 Feb 2024 08:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43819 |
Actions (login required)
View Item |