PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING AND LEARNING DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI GEOMETRI SISWA KELAS VII DI MTs AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

SITI FATIKHATUR ROKHMAH, 2814123028 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING AND LEARNING DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI GEOMETRI SISWA KELAS VII DI MTs AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (941kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching and Learning Dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Geometri Siswa Kelas VII Mts Al-Ma’arif Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Siti Fatikhatur Rokhmah, NIM. 2814123028, pembimbing Ummu Sholihah, M.Si. Kata kunci: Quantum teaching and learning, mind mapping, hasil belajar matematika Sebuah fenomena bahwa model atau metode konvensional masih mendominasi model pembelajaran yang dilakukan guru pada pendidikan di Indonesia. Seringkali, pada mata pelajaran yang membutuhkan pemahaman tinggi seperti matematika, sulit untuk terlepas dari model pembelajaran konvensional. Siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran sehingga terkesan siswa cenderung pasif dan kurang merespon terhadap mata pelajaran. Selain itu, kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran tertentu, misalnya matematika serta model pembelajaran yang kurang sesuai mengakibatkan hasil belajar siswa yang rendah. Oleh karena itu dibutuhkan suatu model pembelajaran yang tepat agar siswa mampu memahami materi dengan mudah dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran quantum teaching and learning dengan teknik mind mapping terhadap hasil belajar matematika materi geometri siswa kelas VII di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Ma’arif Tulungagung yang terdiri dari 4 kelas, menggunakan teknik purposive sampling, dengan mengambil sampel kelas VII C sebagai kelompok kelas kontrol dan kelas VII D sebagai kelompok kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data: 1) Tes, 2) Dokumentasi, 3) Observasi, 4) Wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah pengujian independent sample t test yang diselesaikan dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar antara siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rata-tara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran quantum teaching and learning sebesar 72,06 lebih baik jika dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvensional sebesar 66,00. Pengujian t-test menunjukkan nilai t hitung sebesar 2,042 dan nilai t tabel sebesar 1,98698 maka t hitung > t tabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran quantum teaching and learning dengan teknik mind mapping terhadap hasil belajar matematika materi geometri siswa kelas VII di MTs Al-Ma’arif Tulungagung tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123028 SITI FATIKHATUR ROKHMAH
Date Deposited: 29 Dec 2016 04:31
Last Modified: 29 Dec 2016 04:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4382

Actions (login required)

View Item View Item