HESTY ROFIANA DEWI, 2811123100 (2016) PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA DI MTsN BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]
|
Text
hesti-halaman sampul.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
hesti-bab 1.pdf Download (475kB) | Preview |
|
|
Text
hesti-bab 2.pdf Download (581kB) | Preview |
|
|
Text
hesti-bab 3.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
hesti-bab 4.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
hesti-bab 5.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
hesti- bab 6.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (986kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Hesty Rofiana Dewi, 2016, “Peningkatan Mutu Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Membentuk Kepribadian Siswa di MTs Negeri Bandung Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016”. FTIK Prodi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen Pembimbing Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata kunci : Peningkatan Mutu Pembelajaran, Aqidah Akhlak, Kepribadian Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena tingkah laku siswa yang menunjukkan akhlak yang tidak baik (terpuji) yang terjadi sebagai bentuk dari pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan arus globalisasi. Perlu dipahami dan disadari pengetahuan dan pemahaman siswa tentang nilai ajaran Aqidah Akhlak dapat mempengaruhi kesadaran siswa dalam bertingkah laku. Untuk itu seorang guru Aqidah Akhlak dalam setiap proses pembelajaran harus mengupayakan langkah-langkah dalam meningkatkan mutu pembelajaran Aqidah Akhlak. karena Aqidah akhlak memiliki nilai lebih sehingga dapat digunakan sebagai alat atau cara dalam membentuk kepribadian siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana pendekatan pembelajaran yang dilakukan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri Bandung Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016? (2) Bagaimana metode dan teknik pembelajaran yang dilakukan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran aqidah akhlak di MTs Negeri Bandung Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016? (3) Bagaimana implikasi peningkatan mutu pembelajaran aqidah akhlak dalam membentuk kepribadian siswa di MTs Negeri Bandung Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MTs Negeri Bandung Tulungagung. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam kepada guru Aqidah Akhlak, serta teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan pengecekan keabsahan temuan dengan teknik trianggulasi, perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan/keajegan pengamatan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Pendekatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru aqidah akhlak dalam meningkatkan mutu pembelajaran Aqidah Akhlak antara lain: (a) Guru Aqidah Akhlak dalam menentukan pendekatan pembelajaran pertama dengan menyesuaikan situasi, kondisi kelas serta karakter peserta didiknya.(b) Guru Aqidah Akhlak menggunakan pendekatan bersifat individual yaitu pendekatan pembiasaan, pengalaman, emosional, keteladanan, dan rasional.(c) Dalam meningkatkan mutu pembelajaran Aqidah Akhlak lebih menekankan pada pendekatan pembiasaan. (2) Metode dan teknik yang dilakukan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran aqidah akhlak yaitu: (a) Guru sudah memahami tentang pentingnya penggunakan dan bisa melaksanakan metode dan teknik dengan baik.(b) Menggunakan lebih dari satu macam metode dan teknik serta mengkolaborasikannya.(c) Metode dan teknik tersebut disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan.(d) Metode tersebut diantaranya metode diakronis, metode problem solving, metode empiris, metode penyadaran, metode pemahaman, dan metode wirid.(e) Sedangkan teknik yang digunakan adalah teknik ceramah, kelompok, tanya jawab, penugasan, membaca, cerita, pemberian hukuman, pemberian anugerah dan teknik uswah. (3) Implikasi peningkatan mutu pembelajaran aqidah akhlak dalam membentuk kepribadian siswa: Pembelajaran aqidah akhlak memiliki nilai lebih yang dapat ditinjau dari karakteristik dan fungsinya, nilai lebih tersebut dapat digunakan sebagai cara atau upaya untuk membentuk kepribadian siswa. (a)Perubahan kepribadian siswa tersebut meliputi: kemampuan dari siswa baik dari tingkat afektif, kognitif dan psikomotorik siswa menjadi meningkat,(b) ibadah dari siswa juga meningkat menjadi lebih giat dan teratur,(c) bisa mempraktekkan akhlak-akhlak terpuji pada materi yang diajarkan, (d) siswa menjadi lebih mengerti dalam memilah dan memilih teman dalam pergaulannya.(e) mempunyai akhlak yang baik terhadap keluarga dan kepada masyarakat.(f) Peningkatan mutu pembelajaran berimplikasi baik pada kepribadian siswa karena pembelajaran Aqidah Akhlak memberikan perintah kepada diri siswa untuk selalu melakukan perbuatan baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123100 HESTY ROFIANA DEWI |
Date Deposited: | 29 Dec 2016 04:15 |
Last Modified: | 29 Dec 2016 04:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4384 |
Actions (login required)
View Item |