iin riyani, 1756144023 (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS KURIKULUM GONTOR (Studi Multi Situs di MA Al-Mawaddah 1 Ponorogo dan MA Al-Mawaddah 2 Blitar). [ Thesis ]
|
Text
2. cover dalam.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (791kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
daftar rujukan (1).pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
12. ABSTRAK.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
13. abstrak english.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
14. abstrak arab.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
12. ABSTRAK.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING tesis.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGESAHAN.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
biodata.pdf Download (37kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Pembelajaran PAI Berbasis Kurikulum Gontor (Studi Multi Situs di MA Al-Mawaddah 1 Ponorogo dan MA Al-Mawaddah 2 Blitar)” ini ditulis oleh Iin Riyani, 2016, NIM: 1756144023, dibimbing oleh Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag dan Dr. Hj. Anin Nurhayati, M.Pd.I Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran PAI, Kurikulum Gontor. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pada era globalisasi saat ini merupakan era persaingan yang kompetitif, untuk dapat bersaing dan meraih sukses salah satunya dengan mewujudkan masyarakat yang bekualitas dan berjiwa Islami dengan pendidikan. Inovasi pendidikan dan pembelajaran merupakan langkah yang tepat dalam mengatasi berbagai permasalahan dalam proses pendidikan umumnya dan proses pembelajaran khususnya. MA AL-Mawaddah 1 dan MA Al-Mawaddah 2 melakukan inovasi dengan menerapkan strategi pembelajaran berbasis kurikulum Gontor yang hasilnya tidak hanya cakap dalam pemahaman agama, tetapi juga cakap dalam pembelajaran bilingual. Fokus dan pertanyaan dalam penelitian tesis ini mencakup tentang strategi pembelajaran PAI berbasis Kurikulum Gontor di kedua madrasah ini adalah: (1) Bagaimanakah identifikasi dan penetapan perubahan tingkah laku dalam Pembelajaran PAI berbasis Kurikulum Gontor di MA Al-Mawaddah 1 Ponorogo dan MA Al-Mawaddah 2 Blitar? (2) Bagaimanakah Pendekatan Pembelajaran PAI berbasis Kurikulum Gontor di MA Al-Mawaddah 1 Ponorogo dan MA Al-Mawaddah 2 Blitar? (3) bagaimanakah Metode Pembelajaran PAI berbasis Kurikulum Gontor di MA Al-Mawaddah 1 Ponorogo dan MA Al-Mawaddah 2 Blitar? (4) Bagaimanakah Evaluasi Pembelajaran PAI berbasis Kurikulum Gontor di MA Al-Mawaddah 1 Ponorogo dan MA Al-Mawaddah 2 Blitar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana identifikasi perubahan tingkah laku, pendekatan pembelajaran, metode pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran berbasis kurikulum Gontor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan model analisis interaktif Milles dan Hubberman. Adapun pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa: (1) identifikasi dan penetapan perubahan tingkah laku pembelajaran PAI berbasis Kurikulum Gontor di MA Al-Mawaddah 1 Ponorogo dan MA Al-Mawaddah 2 Blitar meliputi kecakapan dalam ranah kognitif, afekif, psikomotorik, dan kecakapan dalam pembelajaran bilingual, (2) pendekatan pembelajaran PAI berbasis kurikulum Gontor di MA Al-Mawaddah 1 Ponorogo dan MA Al-Mawaddah 2 Blitar berpusat pada peserta didik dengan pendekatan pembelajaran langsung (CTL) dan menggunakan media visual dan audio visual, (3) metode pembelajaran PAI berbasis kurikulum Gontor di MA Al-Mawaddah 1 Ponorogo dan MA Al-Mawaddah 2 Blitar menggunakan metode pembelajaran ceramah, tanya jawab, diskusi kelas, everyone is teacher, (4) evaluasi pembelajaran PAI berbasis kurikulum Gontor di MA Al-Mawaddah 1 Ponorogo dan MA Al-Mawaddah 2 Blitar dilakukan dengan pengaturan yang baik sehingga tidak memungkikan bagi pesera didik melakukan kecurangan dalam bentuk ujian lisan dan ujian tulis, dan jenis tes esai yang mencakup tiga ranah pembelajaran.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Manajemen Dakwah Masyarakat Islam Pengembangan Masyarakat Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | thesis 1756144049 siti musyarofah |
Date Deposited: | 29 Dec 2016 06:42 |
Last Modified: | 29 Dec 2016 06:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4388 |
Actions (login required)
View Item |